Memerah Susu Bersama Warga di Agrowisata Sapi Perah Desa Cepogo

Susu, minuman menyehatkan yang makin lezat jika dimodifikasi dengan bahan-bahan lain. Tapi, sebelum menjadi olahan susu yang enak, terlebih dahulu susu diperah dari sapi yang sehat dan nggak stres. Desa Cepogo, Boyolali, adalah salah satu rumah sapi penghasil susu berkualitas.

Memerah Susu Bersama Warga di Agrowisata Sapi Perah Desa Cepogo
Memerah sapi di Desa Cepogo, Boyolali. (Instagram/sdiialabidin)

Inibaru.id - Kamu penyuka piknik yang nggak sekadar datang dan melihat tapi juga ikut terlibat dalam aktivitas warganya? Jika iya, coba datanglah ke agrowisata sapi perah Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Boyolali. Di tempat itu, berliter-liter susu dihasilkan setiap harinya untuk diproses lebih lanjut.

Cepogo adalah desa yang berada 13 kilometer ke arah barat dari Kabupaten Boyolali. Ketinggiannya sekitar 800 mdpl, berupa dataran tinggi dengan curah hujan 9.000 mm per tahun. Kondisi tersebut pas banget untuk tempat beternak sapi perah.

Jika kepengin melihat langsung proses perawatan dan pemerahan sapi, datanglah ke Dusun Kupo dan Banaran. Di kedua dusun itu sebagian besar warga memelihara sapi perah. FYI, pemerahan biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari. Jadi, kalau kamu pengin turut merasakan memerah susu, catat baik-baik waktunya, Millens.

Oya, meski agrowisata sapi perah Desa Cepogo cocok banget dijadikan sebagai sarana edukasi, rumah-rumah penduduk di sana masih belum siap untuk dijadikan tempat singgah para tamu. Jadi, jika harus menginap, carilah penginapan terdekat di pusat kota Boyolali atau Solo.

Meski sudah terkenal sebagai desa penghasil susu, penyediaan fasilitas wisata di Desa Cepogo tergolong masih minim. Dalam beberapa tahun terakhir, penduduk di sana memang belum fokus pada sektor pariwista, tapi lebih berorientasi pada peningkatan produksi susu dan penjualan.

Namun, tenang, soal keramahan dan sambutan warga, jangan ditanya, deh. Mereka murah senyum dan bakal dengan senang hati menjawab kalau kamu tanyai.

Tertarik ke sana? Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, ya! Jalan menuju ke sana menanjak, berkelok, dan nggak terlalu lebar. Namun, ini nggak bakal membosankan, karena sepanjang jalan kamu bakal disuguhi pemandangan Gunung Merapi yang menawan. (IB20/E03)