Memburu Sunrise di Puncak Gunung Kunir, Purworejo

Kalau kamu suka berburu sunrise, Gunung Kunir di Purworejo, Jawa Tengah patut kamu jadikan destinasi wisata. Dari sini, kamu bisa mendapatkan lokasi terbaik untuk menengok matahari terbit

Memburu Sunrise di Puncak Gunung Kunir, Purworejo
Gunung Kunir. (Lintangsongo.com)

Inibaru.id – Millens, kamu suka melihat sunrise? Kalau kamu pemburu suasana mentari terbit, ada satu lokasi yang wajib kamu datangi. Yap, Gunung Kunir!

Gunung Kunir berada di Pegunungan Menoreh. Puncaknya ada di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Diyakini masyarakat, gunung tersebut memiliki area terbaik untuk melihat sunrise di wilayah Purworejo, lo. Untuk sampai ke puncaknya dan menengok matahari pagi, kamu cuma perlu waktu 15 sampai 20 menit.

Kalau ingin beristirahat, ada gazebo-gazebo yang disediakan pengelola. Mau berswafoto? Bisa juga. Ada banyak tulisan unik yang menjadi ciri khas gunung ini, salah satunya “Di Kota Kita Tampan, di Gunung Kita Menawan”.

Dari gunung setinggi 870 mdpl ini, kamu bisa mengamati matahari pagi yang mulai bersinar. Bersamaan dengan munculnya gradasi warna yang cantik, kamu juga bisa mulai memanjakan diri dengan kehangatan matahari. Atmosfer di sana pun patut diacungi jempol, sebab pengunjung akan tertegun melihat keelokan sunrise sekaligus merasakan kedamaian pagi.

Baca juga:
Menikmati Hutan dan Pantai di Watu Layar, Lasem
Bukit Pangonan, Padang Sabana Hijau yang Memanjakan Mata

Nggak hanya itu, saat sunrise pendaki juga bisa melihat gunung-gunung lain di Jawa Tengah, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Lawu, Ungaran, Prau, dan Slamet. Kalau beruntung, udara di Gunung Kunir akan sangat sejuk diiringi langit biru cerah. Pada waktu yang lain, gunung yang dihiasi kabut putih ala dataran tinggi akan menghipnosis pengunjung melalui suguhan panorama yang memukau.

“Untuk wisata alam, yang sudah menjadi ikon kami itu ada puncak Gunung Kunir yang terdapat golden sunrise dan sunset,” papar Afdholudin, Ketua Kelompok Sadar Wisata Lembah Kunir Desa Benowo seperti ditulis Kompas.com (20/2/2017).

Mengutip blog indonesiapunyasegalanya.blogspot.com, nggak susah kok untuk menemukan Gunung Kunir. Kalau nggak memakai kendaraan pribadi, kamu bisa memilih transportasi lokal yang kemudian dilanjutkan dengan ojek warga. Tapi, kalau kamu menaiki kendaraan dan berangkat dari pusat Kota Purworejo, ambil jalan ke arah Magelang. Setelah sampai di perempatan Kaliboto, masuklah ke gapura yang ada di arah kanan. Lalu, setelah sekitar 2 km, belok ke kanan ke Desa Kaliwader.

Seusai jalan lurus sepanjang 7 km ke Desa Kalitapas, kamu perlu berjalan naik sekitar 500 m untuk sampai ke pertigaan menuju Desa Benowo.

Nah, dari Desa Benowo, butuh 4 km perjalanan untuk sampai ke perempatan SD Benowo. Ini titik terakhir yang bisa dilalui kendaraan motor. Karena itu, perjalanan perlu dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Baca juga:
Dewa Langit Itu Bersemayam di Kelenteng Tertua di Nusantara
Menyaksikan Kemeriahan Imlek di Kota Seribu Kelenteng

Nggak ada biaya untuk masuk ke destinasi wisata Gunung Kunir. Millens cukup membayar parkir motor saja, kok. Kalau ingin menyumbang seikhlasnya di pintu masuk, silakan.

Saat turun, Air Terjun Benowo yang nggak jauh dari Gunung Kunir bisa jadi destinasi pilihan selanjutnya. Asyik, kan?

Gimana? Kapan mau ke Gunung Kunir untuk melihat sunrise di sana? (AYU/SA)