Pandangi Keelokan Mangrove Pandansari dari Lengkung Jembatan Berwarna Merah Muda

Hutan Mangrove Pandansari memiliki panjang trek sekitar satu kilometer. Tempat ini jadi semakin ramai pengunjung karena banyak spot-spot menarik.

Pandangi Keelokan Mangrove Pandansari dari Lengkung Jembatan Berwarna Merah Muda
Hutan Mangrove Pandansari. (Tribunnews.com)

Inibaru.id – Kisah pilu "genosida" mangrove di pesisir pantai utara Jawa Tengah perlahan mulai terobati seiring bertumbuhnya taman dan hutan mangrove di sana, termasuk di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Brebes. Meski belum sempurna, dukuh yang terkena abrasi sejak 1985 itu mulai dipagari.

Tanpa mangrove, tak kurang dari 859 hektare sawah dan tambak diklaim lautan hingga 2010 silam. Namun, usaha penanaman mangrove yang diinisiasi Mashadi sejak 2005 mulai menuai hasil. Saat ini, tanaman-tanaman pesisir itu mulai beranjak remaja.

Tak hanya menjadi penyangga daratan dari terpaan ombak dan angin laut, mangrove-mangrove yang tumbuh lebat itu kini menjadi wanawisata yang menarik. Masyarakat setempat menyebutnya Hutan Mangrove Pandansari.

Hutan Mangrove Pandansari. (Catatannobi.com)

Hutan mangrove dengan trek sepanjang satu kilometer itu bahkan menjadi salah satu lokawisata unggulan di Brebes. Pelbagai spot menarik bisa kamu nikmati di tempat ini, yang pastinya juga instagenik, Millens!

Kalau kamu pernah melihat jembatan merah muda yang nongol di tengah rerimbun mangrove, di sinilah tempatnya. Kamu bisa berfoto di sini atau sekadar menikmati suasana pesisir yang dipenuhi mangrove hijau lengkap dengan faunanya yang cantik.

Selain itu, ada pula tugu ikan mudskipper, yaitu ikan yang hidup di hutan mangrove, dan beberapa kursi berwarna biru muda yang menambah keseruan berjalan di trek mangrovenya.

Mm, kamu juga nggak perlu takut kelaparan di sini, karena kamu bisa jajan ke beberapa penjual makanan di sekitar area hutan mangrove. Eits, tapi jangan buang sampah sembarangan, karena telah banyak tempat sampah yang disediakan untuk pengunjung.

Hutan Mangrove Pandansari. (Catatannobi.com)

Hutan Mangrove Pandansari berada di ujung utara bagian timur Kabupaten Brebes. Untuk menuju ke sana dari jalur pantura, ambillah jalan ke utara di pertigaan Rumah Sakit Bhakti Asih. Melajulah hingga kamu menemukan papan petunjuk arah menuju hutan mangrove.

Sepanjang jalan, kamu akan melewati area pertambakan udang, bandeng, dan garam. Tidak jauh dari sana, tempat parkir Hutan Mangrove Pandansari akan terlihat.

Nah, dari tempat parkir, kamu harus menaiki perahu dengan membayar sebesar Rp 20 ribu untuk dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak. Biaya tersebut adalah tiket pergi-pulang ke Hutan Mangrove Pandansari.

Gimana Millens? Sudah tahu, kan, liburan ini mau pergi ke mana? (IB06/E03)