Memancing di Wadaslintang Wonosobo, Dapat Ikan Berbonus Pemandangan yang Eksotik

Hobi memancing kamu akan tersalurkan saat datang ke Waduk Wadaslintang. Kamu juga bakal puas menghirup udara segar ditambah menikmati uniknya bebatuan Lubang Sewu.

Memancing di Wadaslintang Wonosobo, Dapat Ikan Berbonus Pemandangan yang Eksotik
Memancing menjadi aktivitas menyenangkan di Waduk Wadaslintang Wonosobo. (Miftakhul Arifin)

Inibaru.id - Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki objek wisata berupa waduk buatan yang indah banget. Nggak cuma untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), waduk yang membendung Kali Gede atau Kali Medono dan beberapa sungai kecil lainnya ini pas banget untuk jadi tujuan wisata.

Waduk Wadaslintang berada di perbatasan dua kabupaten, yakni Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo; dan Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen. Jika akan ke sana, kamu bisa menempuh perjalanan dari Wonosobo maupun Kebumen.

Pesona Waduk Wadaslintang. (Ksmtour)

Ada dua pilihan jalur jika kamu memutuskan untuk memulai dari pusat kota Kebumen. Pertama, melalui jalur Kewedusan dengan jalan yang berliku dan membutuhkan kewaspadaan yang tinggi tapi cukup pendek. Kedua, jalur Prembun yang landai dan kondisi jalan yang lebih baik tapi jarangnya lebih panjang.  

Salah satu alasan kenapa kamu kudu datang ke sana adalah hawa sejuk dan panorama pegunungan di kawasan itu. Bayangkan saja, di sana kamu bisa duduk-duduk saja, mendayung perahu bahkan mendirikan tenda di sekitaran waduk.

Hamparan air yang luas serta latar belakang Gunung Sindoro dan Sumbing dijamin bakal memanjakan mata kamu, Millens. Mm, hanya bisa datang dan duduk-duduk? Tentu saja nggak. Satu kegiatan yang sebaiknya kamu jajal di Waduk Wadaslintang adalah memancing.

Waduk Wadaslintang pada sore hari. Indah, ya? (Instagram/maerdeke_official)

Waduk yang mulai beroperasi pada 1988 itu mempunyai beragam jenis ikan, di antaranya ikan nila, mas, kampala, gabus, tawes, gurame dan lainnya. Salah satu yang menjadi favorit para pemancing adalah ikan nila babon atau nila dengan ukuran yang besar.

Melimpahnya ikan di sana nggak cuma membuat para pemancing senang. Lebih dari itu, ikan di dalam waduk itu juga merupakan sumber penghidupan sebagian warga sekitar. Mereka membudidayakan ikan dengan sistem karamba yang dikerjakan secara profesional.

Selepas memancing, sempatkanlah berfoto di Lubang Sewu. Masih di area Waduk Wadaslintang, Lubang Sewu adalah sekumpulan batu cadas yang berlubang dan memiliki tekstur yang unik. Batuan yang cuma ada di Wadaslintang itu sungguh menakjubkan karena tersusun rapi secara alamiah.

Bebatuan Lubang Sewu di Waduk Wadaslintang, Wonosobo. Instagenik, nih! (Instagram/maerdeke_official)

Oia, kamu bisa melihat keindahan Lubang Sewu ini cuma pada saat musim kemarau atau saat debit air menyusut ya, Millens.

(Baca Juga: Eloknya Lubang Sewu di Waduk Wadaslintang Wonosobo)

Kamu tertarik mengunjungi waduk yang dikelilingi bukit dan gunung di akhir pekan ini? Ayok, gaspol! (IB20/E03)