Memacu Adrenalin di Tebing-Tebing Pantai Siung Yogyakarta

Memacu Adrenalin di Tebing-Tebing Pantai Siung Yogyakarta
Ombak menampar bebatuan di Pantai Siung. (Eksotis Jogja)

Deburan ombak, pasir yang lembut, dan bebatuan karang yang menjulang tinggi. Menyaksikan pemandangan ini di Pantai Siung mungkin bakal bikin terkesima. Nggak sekadar jadi tempat berlibur, pantai ini juga tempat bertualang para pecinta alam. Ada apa di sana?

Inibaru.id – Bagi sebagian orang, melakukan olahraga ekstrem seperti panjat tebing adalah candu. Nggak hanya di gunung, kegiatan ini bisa pula dilakukan di pantai. Jika kamu berada di Yogyakarta, Pantai Siung adalah arena yang harus kamu kunjungi untuk menjajal kegiatan ini.

Pantai yang berada di Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, ini memiliki 250 jalur panjat tebing, lo. Wow!

Untuk sampai ke sana, kamu harus menempuh perjalanan sekitar dua jam Kota Yogyakarta. Jalur ini cukup aman dibandingkan jalur-jalur lain, Millens. Setiba di sana, bebatuan karang berukuran besar menyambutmu. Birunya air laut bakal bikin terpesona untuk mengabadikan momen selama di sana.

https://www.nativeindonesia.com/wp-content/uploads/2019/01/Pantai-Siung-Laut-Luas.jpg

Salah satu sudut keren untuk berfoto di Pantai Siung. (Native Indonesia)

Sebelum masuk ke kawasan Pantai Siung, tiket seharga Rp 10 ribu perlu dibayar pengunjung. Jika lelah, jangan khawatir. Rumah-rumah kecil di tepi pantai bisa jadi persinggahanmu sejenak.

Warga yang dulunya berprofesi sebagai petani garam kemudian mengembangkan wisata panjat tebing. Kegiatan ini rupanya diinisiasi oleh sebuah grup pencinta alam dari Jepang pada 1989.

Keindahan karang-karang di sana menarik perhatian para pecinta alam sehingga Asian Climbing Gathering pun digelar di sana pada 1990. Hingga kini, Pantai Siung punya 250 jalur panjat tebing, lo.

Panjat tebing di Pantai Siung. (Njogja)

Untuk memudahkan para wisatawan, fasilitas-fasilitas pendukung pun dibangun di sana. Selain rumah-rumah kecil, terdapat pula lahan untuk berkemah dan warung. Kamu nggak kesulitan kalau perut keroncongan nih!

Oya, jika pengin memanjat tebing, pastikan sudah mengenakan perlengkapan yang menunjang keamananmu, ya! Jangan sampai aktivitas yang menjadi hiburan justru mencelakaimu karena keteledoranmu sendiri. Selain itu, ikutlah menjaga kebersihan pantai ini supaya wisatawan lain tetap bisa menikmatinya. Sepakat kan? (IB15/E03)