Melihat Pusaka Tiga Kerajaan di Museum Tosan Aji Purworejo

Melihat Pusaka Tiga Kerajaan di Museum Tosan Aji Purworejo
Museum Tosan Aji memiliki ribuan koleksi pusaka. (Kekunaan.blogspot)

Jika kamu sedang berencana mengenalkan adikmu pada warisan budaya Jawa, Museum Tosan Aji di Purworejo bisa menjadi tempat yang pas untuk belajar, Di museum ini, terdapat ribuan pusaka dari tiga kerajaan, lo. Yuk, berkunjung ke sana!

Inibaru.id – Sebagai situs sejarah, Benteng Gempeng di Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen, menyimpan kisah sedih rakyat Indonesia di bawah penjajahan Jepang. Selain Benteng Gempeng, kamu rupanya bisa mengulik kisah sejarah Purworejo lainnya, lo. Museum Tosan Aji di Jalan Mayjend Sutoyo Nomor 10 menjadi tempat di mana kisah-kisah itu berada.

Di sana, tersimpan 1.138 pusaka dari tiga kerajaan yaitu Kerajaan Pajajaran, Majapahit, dan Mataram. Ribuan pusaka itu berupa keris, tombak, granggang, pedang, dan lain-lain.

Selain senjata pada masa lampau, Museum Tosan Aji juga menyimpan gamelan Kyai Cokronegoro. Gamelan ini bukan sembarang gamelan, lo. Gamelan ini merupakan hadiah yang diberikan oleh Sultan Paku Buwono VI pada Bupati pertama Purworejo, Tjokro Nagoro.

https://2.bp.blogspot.com/-XGS996eolj8/WE6I1mOrrAI/AAAAAAAALaY/VYfLyLtVzQsZciiWgT6anqiXCqXBvHcFACLcB/s1600/aji1.jpg

Gamelan Kyai Cokronegoro. (Ihategreenjello)

Sejak didirikan pada 13 April 1987 oleh Gubernur Jawa Tengah Ismail, Museum Tosan Aji juga menjadi tempat dirawatnya benda-benda berupa arca, lingga, prasasti, fosil, dan batu gong. Terdapat pula sebuah samurai atau pedang yang diperkirakan dibuat pada 1538. Wih, koleksi museum ini benar-benar antik ya, Millens.

O ya, Museum Tosan Aji mempunyai ritual yang rutin digelar pada 1 Sura yaitu Jamasan Tosan Aji dan Ruwatan Masal. Ritual ini menjadi momen dibersihkannya sejumlah pusaka supaya tetap terawat. Kamu yang ketinggalan acaranya kemarin sebaiknya nggak melewatkan kesempatan untuk menyaksikan ritual unik ini tahun depan.

Eh, sudahkah kamu berkunjung ke museum ini? Yuk, belajar mengenal peninggalan-peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia! (IB06/E03)