Ada di Desa Tegalarum, dari Balkondes Unik hingga Budidaya Jamur Tiram

Ada di Desa Tegalarum, dari Balkondes Unik hingga Budidaya Jamur Tiram
Penginapannya lucu, kan? (Phinemo.com)

Desa Telagarum mungkin bakal pas buatmu yang pengin berwisata di desa tapi menginap di tempat yang instagenik. Di sini, kamu juga bisa menikmati jamur sekaligus belajar membudidayakannya.

Inibaru.id – Beratap segitiga hingga hampir menyentuh tanah dan berwarna toska, penginapan di Balkondes Tegalarum dipastikan bakal membuatmu merasa nyaman. Suasana pedesaan, tapi kamu bak menginap di hotel bintang lima. Siapa yang kuasa menolaknya?

Lebih dari itu, balai ekonomi desa (balkondes) yang berada di Desa Tegalarum, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, tersebut juga menyediakan hal lain, yakni "wisata jamur". Apakah itu?

Perlu kamu tahu, Desa Tegalarum merupakan salah satu desa pembudidaya jamur tiram. Di sana, jamur yang terbilang mudah dikembangkan itu menjadi salah satu komoditas penggerak ekonomi. Kamu bisa menikmati bahan makanan yang bisa dikreasikan dalam pelbagai masakan itu di Rumah Makan Waroeng Jamur. 

Jamur tiram dibudidayakan di Desa Tegalarum. (Jogjagarden)

Pengin melihat proses budidayanya? Bisa kok! Jamur tiram ini dibudidayakan di Dusun Kedungrengit dan dipasarkan ke Magelang dan sekitarnya. Kamu yang menjalani gaya hidup vegetarian tentu bisa memborongnya untuk dimasak sendiri.

Oya, Desa Tegalarum juga memproduksi produk lain seperti mainan kuda goyang. Kamu yang punya keponakan atau anak batita bisa membelikan mainan ini supaya mereka betah di rumah. Dengan warna-warni yang lucu, mainan ini mungkin bisa memicu mereka berimajinasi.

Gimana, tertarik mengunjungi Desa Tegalarum? Dijamin, sepulang dari sana, nggak cuma memori hapemu yang dipenuhi foto-foto instagenik, kamu juga bisa dapat ilmu per-jamur-an dari sana. Ayo agendakan! (IB15/E03)