Melihat Aktivitas Pedagang Kembang di Pasar Bunga Bandungan

Melihat Aktivitas Pedagang Kembang di Pasar Bunga Bandungan
Suasana jual beli di pasar bunga. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Kalau kamu orang yang suka bunga, masuk pasar ini pasti mengasyikkan dan dijamin nggak mau pulang. Yap, Pasar Bunga Bandungan. Selain menyediakan bunga tabur dan bunga potong dengan harga murah, kamu juga bisa memilih-milih tanaman hias yang akan mempercantik halamanmu.

Inibaru.id - Minggu (17/5) pagi, saya memacu kendaraan menuju pasar Bandungan. Udara dingin dan wajah kantuk jadi musuh besar saya pagi itu. Merantau ke Kota Semarang selama 6 tahun terakhir membuat saya asing dengan udar kampung halaman sendiri. Di depan kendaraan saya terdapat mobil bak terbuka dengan beberapa wadah bunga mawar yang siap dijual.

“Wah satu tujuan nih,” batin saya.

Ya, pagi itu saya berniat berkunjung ke pasar kembang di Bandungan yang biasanya ramai pagi hari. Sesampainya di sana, suasananya nggak terlalu ramai seperti biasanya. Aroma bunga yang berjejer hingga bertumpuk memanjakan penciuman saya meski sedikit tertahan di balik masker.

Hm... harum bunga di mana-mana. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)
Hm... harum bunga di mana-mana. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Beberapa perempuan paruh baya mondar mandir dengan wadah penuh bunga di tangan dan gendongan. Nggak cocok di satu pengepul, mereka berpindah ke pengepul lain untuk mendapatkan harga terbaik. Melihat dari raut mereka, nampaknya harga bunga pagi itu memang sedang nggak bagus.

Ya, selain terkenal dengan objek wisatanya, Bandungan juga terkenal dengan pasar bunga segar dan sayurannya. Di pasar bunga, transaksi biasanya berlangsung dari sore hingga pagi hari. Nggak hanya bunga tabur, pasar bunga Bandungan juga menyediakan bunga potong dari berbagai jenis.

Membeli bunga potong pun bisa jadi salah satu alternatif oleh-oleh saat ke Bandungan lo, Millens! Satu ikat dari belasan tangkai bunga bisa kamu beli dengan harga Rp 10 ribu rupiah saja. Namun harga ini bisa saja lebih murah jika kamu pintar menawar.

Bunga di sana dijamin segar karena dipetik sore hari sebelum dijual pagi harinya. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)
Bunga di sana dijamin segar karena dipetik sore hari sebelum dijual pagi harinya. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

“Kenapa sebelumnya saya nggak pernah kepikiran untuk berkunjung ke sini ya?” pikir saya.

Begitupun jika kamu pengin beli bunga tabur, harganya pun dipastikan lebih murah dari harga eceran. Oh ya, kualitas bunga yang ada di sini nggak perlu kamu ragukan. Meski murah, kamu bisa mendapatkan bunga segar dengan kualitas jempolan di pasar ini. Selain bunga tabur dan potong, masih ada tanaman hias yang bisa kamu lirik.

Tertarik datang ke sini, Millens? Eits, tunggu wabah selesai ya! (Zulfa Anisah/E05)