Melancong ke ‘Pantai Nelayan’ Ngrenehan, Banyak yang Kamu Dapatkan!

Melancong ke ‘Pantai Nelayan’ Ngrenehan, Banyak yang Kamu Dapatkan!
Pasir putih di Pantai Ngrenehan. (Rentalmobiljogja)

Laiknya kebanyakan pantai, berenang dan menyaksikan para nelayan setempat mencari ikan tentu menjadi aktivitas utama di Pantai Ngrenehan. Namun, kamu nggak cuma mendapatkan dua hal itu di “pantai nelayan” ini.

Inibaru.id - Nama Pantai Ngrenehan memang tidak seramai pantai-pantai unggulan di Yogyakarta semisal Parantritis, Nglambor, atau Parangkusumo. Namun, bukan berarti pesona pantai ini remeh-temeh.

Berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, Pantai Ngrenehan adalah surga bagi penikmat pantai, mencinta senja, dan penyuka wisata air. Apa saja yang ada di pantai tersebut?

Teluk Berpasir Putih, Bukit Hijau, dan Laut Biru

Teluk berpasir putih yang kontras dengan lautan biru dan diapit bukit hijau. (Kanaljogja)

Dilihat dari kejauhan, Pantai Ngrenehan sejatinya merupakan semacam celah di antara bukit karang yang membentuk teluk dengan pasir putihnya yang menawan. Kendati nggak seluas Pantai Parangkusumo, pantai ini menarik lantaran airnya cukup tenang.

Selain menikmati pasir putih, kamu juga bisa mendaki perbukitan di kedua sisi pantai yang merupakan bukit penuh tumbuhan hijau. Dari atas, kamu bisa melihat bibir pantai yang putih, kontras dengan lautan yang biru. Hm, indah!

Berenang di Lautan yang Tenang

Perairan yang tenang cocok untuk kamu yang membawa anak-anak. (Wisatabaru)

Puas-puaslah berswafoto di sana! Setelah itu, saatnya berenang! Di pantai ini, kamu nggak perlu khawatir dengan ombak pantai selatan yang terkenal ganas. Letak pantai yang terlindungi oleh perbukitan di sisi kanan dan kiri membuat perairan di sana cukup tenang untuk berenang

Pantai Ngrenehan juga cukup landai untuk dinikmati anak-anak. Jadi, kamu bisa mengajari berenang keponakan atau anakmu di pantai tersebut. Namun, tetap awasi mereka ya!

Tradisi Melarung Sesaji

Labuhan Pantai Ngrenehan. (Budayajawa)

Laiknya sebagian masyarakat Jawa yang kaya tradisi dan budaya, penduduk Desa Kanigoro juga memiliki tradisi yang selalu dilaksanakan tiap tahun di Pantai Ngrenehan, yakni melarung sesaji atau labuhan yang digelar pada Bulan Sura.

Nah, kamu yang menyukai gelaran budaya, nggak ada salahnya menyambangi pantai ini saat prosesi itu digelar. Nggak hanya menyaksikan dari kejauhan, kamu juga bisa turut serta mengikuti prosesi hingga ke tengah laut, tempat sesaji dilarungkan, itu juga kalau kamu berani. Ha-ha.

Gimana, sudah punya alasan kuat untuk berkunjung ke pantai ini, kan? (IB20/E03)