Maumere, Eksotisme Pulau Tanpa Ujung

Menyuguhkan pemandangan indah nan eksotis, Maumere jadi salah satu destinasi wisata yang nggak boleh kamu lewatkan. Lima lokawisata Maumere ini perlu kamu pijak.

Maumere, Eksotisme Pulau Tanpa Ujung
Lanskap Maumere nan indah dan eksotis. (capamaumere.com)

Inibaru.id - Tak dimungkiri Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) merepresentasikan eksotisme wilayah Indonesia. Meskipun pernah dilanda tsunami pada 1992, kota ini menjelma menjadi tempat yang menarik. Apa saja destinasi wisata yang ada di Maumere?

Pulau Pangabatang

Pulau Pangabatang. (capamaumere.com)

Kalau Millens butuh melepas penat dengan menyepi sejenak, pulau ini bisa jadi pilihan. Pulau Pangabatang yang berjarak satu jam perjalanan dari Pelabuhan Laurens Say di Maumere ini hanya berpenduduk 60-80 jiwa saja, lo. Dengan suasana bak pulau pribadi ini, pengunjung bisa berwisata sekaligus menikmati eksotisme dengan berenang, diving, atau snorkeling. Ombak di pulau ini pun kecil sehingga pengunjung bisa melakukan kegiatan dengan aman.

Baca juga:
Bala Balakang: Pulau yang Memanjakan Mata
Taman Ujung Soekasada, Tempat Singgah Keluarga Kerajaan

Bukit Nilo

Patung Bunda Maria Segala Bangsa. (viva.co.id)

Para peziarah sering mendatangi tempat ini demi melihat Patung Bunda Maria Segala Bangsa setinggi 28 meter. Patung yang telah dibangun sejak 2004 ini berada di ketinggian 1.600 meter. Jadi, ketika berada di Bukit Nilo, pengunjung bisa puas memandangi kecantikan Maumere.

Jika ingin ke sana, kamu hanya perlu berjalan sekitar 500 meter dari lokasi parkir. Perjalanan wisata pun nggak akan membosankan karena banyak pepohonan dan taman di bukit ini.

Gunung Rokatenda

Gunung Rokatenda. (capamaumere.com)

Gunung Rokatenda. (capamaumere.com)

Mendaki ke puncak gunung Rokatenda bisa menjadi opsi wisata yang menarik. Rasa lelah setelah empat jam pendakian akan terbayar setelah pengunjung sampai ke hamparan tanah eksotik dan kawah gunung ini. Kebiruan Laut Flores pun dapat terlihat dari puncak.

Gereja Tua Sikka

Gereja Sikka. (derosaryebed.com)

Destinasi ke gereja ini nggak boleh terlewatkan, sebab desain gereja ini sangat khas. Dibangun dengan gaya Eropa dan Sikka, konstruksinya akan membuat kita mengagumi keindahannya. Meskipun sudah berusia 35 tahun, pengunjung bisa melihat kekokohan bangunan ini, dihiasi dengan lukisan tenun ikat Sikka bermotif pakaian raja dan masyarakat.

Pasar Geliting

Pasar Geliting (floresplus.net)

Mau beli oleh-oleh? Ke Pasar Geliting, yuk! Pengunjung bisa puas berbelanja produk khas lokal, mulai dari kain tenun ikat hingga moke yang dikemas dalam botol plastik. Hasil pertanian dan perikanan juga dijual di sini, jadi pengunjung nggak perlu khawatir.

Baca juga:
Berkunjung ke "Pulau Awet Muda" di Sumenep
Cape Town, Kota Ramah Muslim di Afrika Selatan

Hmm, destinasi wisata di Maumere ternyata asyik banget, ya.  Agendakan waktumu untuk menjelajahi tempat-tempat ini, Millens. (AYU/SA)