Berniat Susur Gua? Persiapkan Dulu Hal-Hal Ini, yuk!

Berniat Susur Gua? Persiapkan Dulu Hal-Hal Ini, yuk!
Hindari masuk ke gua saat musim penghujan ya. (Mythsandmountains)

Seperti tempat wisata lainnya, gua juga memiliki beberapa aturan yang harus dipatuhi pengunjung. Selain mematuhi aturan, kamu juga perlu mengetahui beberapa hal sebelum melakukan traveling ke wisata alam seperti ini. Apa saja yang perlu kamu pertimbangkan?

Inibaru.id – Gua adalah salah satu tempat yang menjadi tujuan wisata di Indonesia, nggak terkecuali di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Di kabupaten ini, terdapat Goa Seplawan yang menarik perhatian banyak wisatawan. Goa Seplawan memang memiliki bebatuan stalagmit dan stalaktit yang memukau mata.

Sebelum berwisata ke sana, ada hal-hal yang tentu saja perlu kamu persiapkan. Yuk, lakukan dulu beberapa hal ini.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

https://travel.home.sndimg.com/content/dam/images/travel/fullrights/2016/9/2/0/CI_natural-bridge-caverns.jpg.rend.hgtvcom.966.725.suffix/1491593503711.jpeg

Kaos dan celana bakal bikin kamu lebih nyaman selama bertualang. (Travelchannel)

Berwisata memang menyenangkan, tpi nggak semua objek wisata bisa menjadi tempatmu untuk bergaya. Sebagai salah satu objek wisata alam, gua menjadi tujuan penjelajahan yang mengutamakan kenyamanan. Lupakan dulu gaun dan sandal hak tinggimu.

Kamu bakal lebih nyaman menggunakan pakaian yang nggak menghambat gerakmu seperti celana dan sandal gunung. O ya, karena beberapa gua biasanya memiliki genangan air, sebaiknya gunakan celana dengan bahan yang cepat kering ya.

Hindari Musim Penghujan

https://live.staticflickr.com/1343/531362932_d4e430a3c3_b.jpg

Hindari melakukan penjelajahan ke gua selama musim penghujan. (staticflickr.com)

Musim penghujan bakal bikin gua tergenang dengan air dan ini bakal menyulitkan petualanganmu. Masih ingat kan kasus seorang guru dan belasan siswa di Thailand yang terkurung selama seminggu lebih di gua? Mereka nggak bisa keluar lantaran gua digenangi air yang cukup tinggi.

Supaya kamu nggak mengalami kejadian ini, datanglah saat musim kemarau saja ya, Millens!

Sewalah Pemandu

https://admin-azlocaltrip.vncdn.vn/Upload/images/ckEditor/halong%20bay%20suprising%20cave%202_20181130164425.jpg

Pemandu bakal membagikan informasi menarik terkait gua yang kamu kunjungi. (Azlocaltrip)

Kalau kamu takut menjelajahi gua dengan teman-temanmu, jangan ragu untuk menyewa jasa pemandu. Pemandu lebih paham area yang bakal kamu jelajahi, jadi ini juga bakal membuatmu lebih aman. Selain itu, kamu tentu bisa mendapatkan wawasan baru darinya tentang sejarah gua yang kamu jelajahi.

Jangan Lupakan Alat Penerang

https://www.pcmobguide.info/wp-content/uploads/2018/08/flashlight-girl-singer-pitch-perfect-scout-swaps-self-defense-tactical-stun-gun-your-personal-body-guard-lighting-appealing-picture-of.jpg

Bawa senter sendiri untuk berjaga-jaga. (Pcmobguide)

Meski pemandu sudah membawa alat penerang, nggak ada salahnya menyiapkan sentermu sendiri. Jangan mengandalkan senter gawai saja, apalagi jika kamu cukup sering menggunakannya. Bukankah sedia payung sebelum hujan lebih baik?

Patuhi Aturan

https://cdn.cnn.com/cnnnext/dam/assets/161018195715-florida-eagles-nest-warning-sign-super-tease.jpg

Jangan melanggar aturan yang sudah dipasang pengelola ya. (CNN)

Aturan dibuat supaya wisatawan nggak seenaknya melakukan hal-hal yang melanggar norma kesopanan. Kalau ada aturan yang menyebutkan bahwa kamu nggak boleh memegang dinding bebatuan, ya jangan dilanggar.

Sudah siap menjelajahi isi gua? Well, selain lima tips tersebut, kamu juga perlu menyiapkan fisikmu ya! Jangan memaksakan diri berwisata kalau sedang sakit. Jadi, gua mana saja yang pengin kamu kunjungi? (IB06/E03)