Masih Suka Nongkrong? Siap-siap Digerebek Polsek Tembalang loh!

Masih Suka Nongkrong? Siap-siap Digerebek Polsek Tembalang loh!
Sekumpulan pemuda yang masih bergerombol main PS di saat ada anjuran untuk di rumah aja. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Nongkrong bareng teman-teman memang seru. Tapi ditahan dulu ya selama masih ada pandemi Covid-19 ini. Kalau nggak nurut, nanti digrebek Polsek Tembalang loh!

Inibaru.id – Semenjak Universitas Diponegoro pindah ke Tembalang, wilayah yang dulunya sepi berubah menjadi ramai. Selain kos-kosan mahasiswa, bermunculan tempat fotokopi, kafe-kafe dan berbagai tempat lain yang bisa dijadikan tempat nongkrong, mengerjakan tugas, atau sekadar berkumpul. 

Semenjak covid-19 menyebar di Indonesia, perubahan terjadi di area yang biasanya dipadati oleh anak muda ini. Kegiatan kemahasiswaan seperti kuliah nggak lagi dilakukan tatap muka untuk sementara waktu. Anjuran untuk #dirumahaja yang semakin gencar digaungkan juga membuat Tembalang semakin sepi

Meski begitu, nggak semua orang ternyata menaati anjuran tersebut. Beberapa tempat seperti kafe juga masih didatangi pengunjung meski nggak seramai biasanya. Sebagian pengunjung bahkan memilih untuk duduk berjauhan demi menjaga jarak, meski masih ada yang duduk berdekatan seperti biasa.

Sebuah rental PS juga terlihat masih ramai. Di tempat ini, ada enam orang yang duduk di luar, dan dua orang lainnya duduk di dalam.

Saat ditanya mengenai Covid-19, penjaga rental mengaku telah mendapat teguran dari polisi tetapi tetap harus bekerja karena rental tidak ditutup.

“Kemarin didatangi polisi, disuruh tutup,” tutur Takur, penjaga rental PS.

Suasana kantor Polsek Tembalang sebelum melakukan patroli pencegahan Covid-19. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)<br>
Suasana kantor Polsek Tembalang sebelum melakukan patroli pencegahan Covid-19. (Inibaru.id/ Julia Dewi Krismayani)

Polsek Tembalang Patroli Setiap Hari

Setelah saya telusuri, rupanya Polisi Sektor (Polsek) Tembalang setiap hari melakukan patroli untuk membubarkan kerumunan orang dan memberikan sosialisasi perihal Covid-19.

“Kalau penertiban kita (Polsek Tembalang) setiap malam,” jelas Bhabinkamtibmas Polsek Tembalang Andre W.

Kegiatan tersebut dilakukan di seluruh area Tembalang secara bergilir. Patroli biasanya dilakukan mulai pukul 20.00 WIB hingga dini hari. Tempat yang menjadi target patroli adalah kafe, burjo, persewaan PS, dan tempat orang berkerumun lainnya.

“Kalau jamnya ya bisa sampai jam dua, jam tiga,” tambahnya lagi.

Andre menyarankan orang untuk nggak nongkrong di luar rumah. Jika memang ingin membeli makanan, sebaiknya dibungkus untuk dibawa pulang, bukannya dimakan di tempat.

“Bolehnya setelah beli langsung pulang, ndak boleh nongkrong, gerombol-gerombol ndak boleh,” tambahnya.

Meski rutin berpatroli, Polsek Tembalang mengaku belum memiliki kewenangan untuk memberikan sanksi karena belum ada perintah lockdown. Aparat hanya melakukan pembubaran kerumunan dan memberikan sosialisasi demi menekan penyebaran virus corona.

Jadi, Millens, kalau kamu nggak mau kena gerebek Polsek Tembalang, sebaiknya di rumah aja ya! (Julia Dewi Krismayani/IE07)