Manjakan Lidah dan Mata? Ke Eling Bening Saja!

Di Ambarawa, ada satu objek wisata yang pantang kamu lewatkan, yakni Eling Bening. Di tempat tersebut, kamu bisa memanjakan matamu dengan pemandangan yang cantik, serta memanjakan lidahmu dengan makanannya yang lezat dan menggiurkan

Manjakan Lidah dan Mata? Ke Eling Bening Saja!
Eling Bening (bobocantik.com)

Inibaru.id – Kamu yang berada di Ambarawa dan sekitarnya pasti nggak asing dengan Eling Bening, ya? Betul, restoran yang berada di Jalan Sarjono, Kelurahan Tambakboyo, Desa Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tersebut adalah salah satu tempat wisata favorit bagi yang masih pacaran maupun yang sudah berkeluarga.

Nggak hanya bisa memanjakan lidah dengan menu makanannya yang lezat, pemandangan di sana juga dijamin akan memuaskan mata dan pikiranmu. Dijamin, hati dan pikiranmu juga akan rileks dibuatnya.

Bermain air di Eling Bening. (wisataterindah.net)

Untuk masuk ke Eling Bening, kamu akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 15 ribu pada hari kerja. Namun, pada akhir pekan atau hari libur nasional, harga tiketnya akan naik menjadi Rp 20 ribu. Ini belum termasuk biaya parkir sebesar Rp 2 ribu. Harga tiket tersebut nantinya bisa kamu tukar dengan air mineral di restoran, jadi kamu nggak perlu memesan minuman.

Oya, datanglah ke sana pada pagi atau sore hari, karena suasana romantisnya akan jauh terasa. Nggak percaya? Buktikan saja sendiri! Ha-ha.

Pilar-pilar di Eling Bening yang tampak seperti pilar-pilar di Pulau Santorini, Yunani. (bobocantik.com)

Memasuki objek wisata seluas 10 hektare ini, kamu akan disambut dengan bangunan dan pilar-pilar yang didominasi warna putih seperti di Pulau Santorini, Yunani. Restoran yang menjadi bangunan utama menyediakan meja di dalam maupun di luar ruangan. Jadi, kamu tinggal pilih pengin suasana yang seperti apa.

Untuk menunya, kamu bisa menjajal aneka makanan laut, satai, dan sayuran yang harganya berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 80 ribu. Sementara, untuk minumannya, restoran ini menawarkan aneka es, wedang, jus, dan espresso dengan harga berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu.

Makan dengan pemandangan seindah ini hanya bisa kamu lakukan di Eling Bening (liburanbro.wordpress.com)

Agar bisa menikmati keindahan di sekitar Eling Bening, kamu sebaiknya memilih meja di luar ruangan saja. Sambil makan, kamu akan disuguhi pemandangan cantik dari Gunung Andong, Gunung Merbabu, dan Gunung Telomoyo. Kemudian di kaki gunung tersebut, hamparan sawah dan kebun kopi serta Danau Rawa Pening akan menyergap matamu.

Saking indahnya pemandangan serta fasilitas di Eling Bening, tempat ini kerap menjadi lokasi foto pranikah dan pesta pernikahan, lo.

Main ayunan bersama pacar, romantis, bukan? (wisatakaka.com)

Selain restoran, ada banyak tempat menarik yang biasa digunakan pengunjung untuk berfoto-foto. Jika kamu sedang nggak lapar, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti berenang atau berjalan kaki menyusuri kebun bunga. Kamu juga bisa berkemah, atau melakukan mancakrida (outbound).

Eling Bening memiliki dua kolam renang. Nah, untuk berenang di sana, kamu harus membayar tiket lagi seharga Rp 20 ribu. Yap, memang agak kurang praktis karena rupanya pihak pengelola nggak menyediakan tiket yang mencakup semua wahana. Tiketnya juga lumayan mahal.

Namun, harga tiket yang "lumayan" itu sebanding dengan fasilitas yang disediakan di sana. Musala dan kamar mandi di Eling Bening cukup bersih. Ada juga ruang rapat, kafe, lahan untuk pesta kebun, serta gazebo untuk bersantai.

Pemandangan Eling Bening Ambarawa yang memukau (Instagram.com/@vegaviditama)

Windy, salah seorang pengunjung, mengaku keindahan pemandangan di sana yang menjadi daya tarik utama dirinya berkunjung ke Eling Bening. Namun, menurutnya, beberapa fasilitas di lokawisata tersebut masih perlu ditingkatkan lagi, misalnya jumlah kursi yang terlalu sedikit dan ketersediaan tempat sampah.

“Kursi harus diperbanyak karena pengunjung sering harus antre kalau mau istirahat. Tong sampah juga masih kurang, makanya banyak sampah berhamburan,” kritik perempuan berusia 19 tahun asal NTT itu.

Nah, kamu kapan ke Eling Bening, Millens? (Artika Sari/E03)