Makan Siang Sembari Menikmati Hamparan Pasir Putih nan Luas di Pulau Cemoro Besar
Wisatawan menikmati keindahan hamparan pasir putih di Pulau Cemoro Besar. (Inibaru.id/ Issahani)

Makan Siang Sembari Menikmati Hamparan Pasir Putih nan Luas di Pulau Cemoro Besar

Setelah snorkeling, kami kelelahan dan kelaparan. Apalagi sudah masuk waktunya makan siang. Akhirnya pramuwisata mengajak kami ke Pulau Cemoro Besar, Karimunjawa sambil menikmati gurihnya ikan bakar.

Inibaru.id - Pulau Cemoro Besar, Karimunjawa memang nggak seluas Pulau Tanjung Gelam. Tapi yang mengasyikan, pulau ini memiliki pesona istimewa yaitu hamparan pasir putih yang luas. Saking luasnya kamu bisa main sepak bola di situ. 

Dikelilingi pohon cemara, pulau ini asyik untuk bersantai sambil makan siang. Waktu itu, rombongan dan saya yang habis snorkeling kelaparan sehingga pramuwisata mengajak untuk bakar ikan di Cemoro Besar. 

Terdapat gazebo yang menampung rombongan. Pihak pramuwisata sudah membawa bekal makan siang seperti nasi, sambal, lalapan dan ikan segar. Jadi begitu di sana acaranya tinggal bakar-bakar ikan. Mungkin bahan-bahan itu bisa kamu dapat di mana pun. Tapi suasana dan sensasi seperti ini cuma ada di sini. Ikan bakarnya jadi berlipat-lipat lezatnya. Pedas sambalnya mantap sementara mata dimanjakan pemandangan surgawi yang aduhai. Udara laut yang menyegarkan, langit biru-putih nan cerah dan pasir putih yang eksotis. Aih, berasa pengin balik lagi! Nggak heran kalau lokasi ini sering jadi spot foto buat prewedding.

Selain gazebo, di pulau ini juga sebuah rumah joglo dan toilet. Sayangnya, toilet hanya ada satu jadi harus antre. Meskipun terbatas, tempat itu lumayan untuk menunjang ibadah buat pengunjung muslim.

Di musim kemarau pulau ini pasti ramai dikunjungi wisatawan. (Inibaru.id/ Issahani)<br>
Di musim kemarau pulau ini pasti ramai dikunjungi wisatawan. (Inibaru.id/ Issahani)

Karena pas musim hujan airnya pasang, tempat ini hanya bisa dikunjungi kala musim kemarau terutama pada bulan Juli, Agustus, dan September. Jangan lupa bawa sunblock, kacamata item, dan handuk kecil buat ngelap keringat. Oh ya, pakai baju yang bahannya adem dan menyerap keringat soalnya panas  pake banget. Selain itu, bawa juga bekal air minum. Siapa tahu yang disiapkan pramuwisata masih kurang. 

Jadi gimana? Cemoro Besar jadi destinasimu saat musim panas nanti? (Issahani/E05)