Ada Wisata Edukasi dan Rekreasi di Museum Kereta Api Ambarawa

Liburan nggak melulu tentang mencari keriaan atau hura-hura. Wisata edukasi untuk menambah ilmu pengetahuan boleh dicoba juga lo!

Ada Wisata Edukasi dan Rekreasi di Museum Kereta Api Ambarawa
Beberapa halte kereta api dari berbagai wilayah ada di Museum Kereta Api Ambarawa. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Inibaru.id – Untuk kamu yang pengin tahu tentang perkeretaapian di Indonesia, pengujung minggu ini sambangilah Museum Kereta Api Ambarawa. Inilah yang saya lakukan. Selain penuh faedah dan mudah dijangkau dari pusat kota, liburan ke sana juga nggak terlalu banyak menguras isi dompet.

Berada di Jalan Stasiun 1, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, kamu hanya perlu berkendara sekitar 45 menit dari Kota Semarang. Melajulah ke selatan hingga tiba di Ambarawa. Dari sana, tinggal tanya warga setempat, sebagian besar dari mereka pasti tahu. 

Seperti saya bilang, semua hal tentang perkeretaapian ada di sana. Kamu bakal dimanjakan dengan pelbagai informasi, mulai sejarah jalur kereta api di Indonesia, gerbong-gerbong tua peninggalan masa penjajahan, hingga halte kereta api zaman baheula. Komplet banget untuk menambah wawasan seputar perkeretaapian!

Setelah membeli tiket masuk seharga Rp 10 ribu, saya segera masuk ke dalam museum. Dari pintu masuk, saya asyik mengamati informasi-informasi seputar sejarah perkeretaapian yang tercetak di sepanjang dinding.

Beberapa pengunjung terlihat asyik berbincang di Museum Kereta Api Ambarawa. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Setelah itu saya menuju ke bangunan-bangunan halte kereta api yang berasal dari beragam wilayah dan zaman. Sebagian besar bangunan halte itu masih asli lo, Millens. Halte-halte itu didatangkan dari berbagai wilayah di Pulau Jawa. Rata-rata sih karena sudah nggak difungsikan lagi.

Misalnya, Halte Kalisamin yang berasal dari Desa Bugel, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo. Halte yang dibangun pada masa Hindia Belanda itu ditutup karena sepinya penumpang. Halte Kalisamin akhirnya dipindahkan ke Museum Kereta Api Ambarawa pada 2015.

Dimanjakan Spot Swafoto

Kata warganet, keabsahan kita traveling belum terverifikasi kalau nggak ada foto selfie yang nangkring di Instastory atau feed Instagram! Hm, tenang, kamu nggak bakal kehabisan spot instagenik di Museum Kereta Api Ambarawa. Kamu bakal dimanjakan latar foto yang menarik, klasik, dan pasti bakal bikin pengikutmu nggak segan mencet simbol "cinta"-nya! Ha-ha.

Salah satu gerbong kereta yang bisa digunakan untuk spot berfoto. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Oya, museum itu sebenarnya menyediakan kesempatan untuk naik kereta uap dengan rute Ambarawa-Bedono atau Ambarawa-Tuntang. Sayang, waktu saya nggak mencukupi untuk merasakan pengalaman itu. Hm, kali lain harus dicoba nih.

Sore menjelang, saya pun (terpaksa) pulang. Bagi saya, nggak sia-sia keluar uang dan menghabiskan akhir pekan di tempat ini. Sampai jumpa akhir pekan! Ha-ha. (Mayang Istnaini/E03)