Memanjat Bukit Doa Getsemani di Ungaran yang Sejuk dan Tenang

Memanjat Bukit Doa Getsemani di Ungaran yang Sejuk dan Tenang
Gapura ini merupakan lokasi berfoto favorit pengunjung Getsemani. (Inibaru.id/ Sitha Afril)

Butuh menyingkir sejenak dari hiruk pikuk rutinitas? Bukit Doa Getsemani di Ungaran ini bisa kamu sambangi. Nggak cuma ketenangan, sisi spiritualmu yang hampir hilang juga bisa kamu temukan di sini.

Inibaru.id –  Berlokasi di Jalan Sindoro I No. 13, Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat Getsemani cukup mudah untuk diakses. Kalau kamu melaju dari arah gapura masuk Kabupaten Semarang, bukit ini bertempat di kanan jalan. Nah, buat kamu yang datang dari arah Salatiga, Bukit Doa Getsemani ini sejalur karena berada di lajur kiri.

O ya, Bukit Doa Getsemani ini luasnya sekitar 3 hektar dengan kondisi tanah berundak. Tamannya tertata rapi, suasananya tenang, udaranya sejuk dan yang pasti cocok untuk merenung dan berdoa. Di lereng bukit inilah tempat yang paling pas. Gua-gua di sini cocok buatmu yang ingin mendekatkan diri kepada Tuhan. Jumlahnya sekitar 50-an gua, jadi cukup banyak buat menampungmu kalau datang secara rombongan. Di dalam gua tersebut sudah tersedia alas duduk, meja doa, dan lampu untuk menerangi saat membaca alkitab.

Gua yang berjajar di bukit Getsemani terawat kebersihannya. (Inibaru.id/ Sitha Afril)

Keberadaan bukit doa ini nggak untuk dikomersilkan sebagaimana objek wisata lainnya, lo. Getsemani hadir murni untuk memfasilitasi pengunjung (khususnya umat Nasrani) dalam berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Yang perlu kamu tahu, saat hari atau jam tertentu akan dilaksanakan doa bersama atau ritual peribadatan. Jadi, kalau  berkunjung ke sini kamu akan diarahkan menuju bagian resepsionis untuk mengisi buku tamu dan mengonfirmasi tujuan kedatangan.

Gereja di Getsemani yang megah di tengah hamparan rumput hijau yang bersih dan rapi. (Inibaru.id/ Sitha Afril)

Banyaknya pengunjung membuat pengelola melengkapi tempat ini dengan fasilitas yang memadai. Ada gereja, spot yang mendukung untuk berdiskusi, dan pusat oleh-oleh. Satu hal yang harus kamu pahami saat berkunjung di Getsemani, adalah menjaga ketenangan.

Pusat oleh-oleh di Getsemani ini menyediakan berbagai aseksoris dan pernak-pernik lucu dengan harga terjangkau. (Iinibaru.id/ Sitha Afril)

Yap, pengunjung memang diimbau untuk tenang dan nggak bersuara terlalu lantang karena ketenteraman di bukit ini memang dijaga dengan sungguh. Hal ini dilakukan demi kenyamanan bersama. Jangan sampai kesenanganmu mengganggu ketenteraman orang lain ya.

Kalau untuk urusan spot foto sih nggak usah kamu ragukan, Millens! Getsemani memang salah satu tempat yang instagramable untuk berswafoto. Tapi, jangan asal-asalan ya! Seindah apapun tempat tersebut, Getsemani tetaplah tempat berdoa dan beribadah. Jadi alangkah bijaknya jika kamu nggak gegabah dan asal hunting. He-he (Sitha Afril/E05)