Menanti Senja di Istana Ratu Boko

Menanti Senja di Istana Ratu Boko
Senja di Candi Ratu Boko. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Menanti matahari terbenam merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Nggak heran kalau banyak orang yang rela mencari spot-spot terbaik untuk menyaksikan momen matahari terbenam.

Inibaru.id – Menyaksikan matahari terbenam pada sore hari merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan sekaligus menenangkan. Momen matahari tenggelam dari langit untuk berganti tugas dengan bulan, serta warna semburat jingga di langit mampu menghadirkan rasa tenang dalam diri.

Saya termasuk orang yang senang berdiam diri sambil menyaksikan langit senja. Untuk itu saya gemar pula mencari tempat-tempat terbaik untuk menyaksikan senja. Salah satunya saya temukan di Candi Ratu Boko.

Lokasinya berada di Jalan Raya Piyungan-Prambanan, Bokoharjo, Prambanan, Yogyakarta. Nggak begitu jauh dengan Candi Prambanan yang mungkin lebih terkenal. Meski demikian, Candi Ratu Boko banyak direkomendasikan sebagai salah satu spot terbaik di Yogyakarta lo.

Salah satu gerbang Candi Ratu Boko. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Salah satu spot yang digandrungi pengunjung untuk menanti senja di Candi Ratu Boko adalah gerbang candi yang pada masa lalu sekaligus menjadi gerbang istana Ratu Boko. Benar saja, saat saya tiba di sana sudah banyak pengunjung yang memadati wilayah sekitar gerbang candi.

Padahal saya sudah sengaja datang lebih awal. Sekitar pukul 15.30 WIB. Biasanya matahari baru bersiap tenggelam pada pukul 17.00 WIB. Rata-rata pengunjung yang berada di kawasan gerbang candi sibuk bergantian berfoto ria.

Nggak jauh dari gerbang candi, ada bangunan yang lumayan tinggi dan cukup luas. Rupanya di atas bangunan itu merupakan sumur tua. Saya pun memilih untuk menikmati senja dari atas bangunan itu.

Menanti senja di Candi Ratu Boko. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Letak bangunan yang lebih tinggi membuat saya lebih leluasa untuk menatap hamparan langit dan kawasan Candi Ratu Boko. Eits, saya nggak sendirian. Banyak juga pengunjung lain baik lokal maupun mancanegara yang menanti senja di atas bangunan itu.

Senja di langit Candi Ratu Boko berwarna jingga dan cerah pada sore itu. Beruntung, Yogyakarta nggak sedang mendung hari itu. Saat matahari perlahan mulai terbenam, saya benar-benar merasa tenang dan senang.

Keindahan alam senja itu membuat saya merasa lebih bersyukur pada Sang Pencipta. Sungguh pengalaman berburu senja yang mengasyikkan. Sobat Millens, tertarik untuk menjajal pengalaman yang sama seperti saya? (Mayang Istnaini/E05)