Buang Galaumu dengan Berwisata ke Candi Ngempon

Akhir pekan galau nggak tahu mau liburan ke mana? Wah, jangan bingung, Millens. Mending buang galaumu dan nikmati tenangnya suasana alam di Candi Ngempon.

Buang Galaumu dengan Berwisata ke Candi Ngempon
Berfoto dengan latar belakang Candi Ngempon (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Inibaru.id – Wah, nggak terasa akhir pekan sudah tiba, Millens. Sudah punya ide mau liburan ke mana belum? Nah, kalau belum, ada satu rekomendasi yang mungkin patut kamu coba nih. Candi Ngempon, namanya. Sepi, eksotik, dan nyaman, menjadi ciri khas wisata yang belum banyak diketahui orang ini.

Berada di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Candi Ngempon memang tergolong belum banyak dikunjungi banyak orang. Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadi salah satu alasannya. Dari Kota Semarang, kamu harus berkendaralah menuju Ungaran hingga menjumpai Polsek Karangjati.

Dari Polsek Karangjati, kamu harus belok kiri dan berkendara sekitar lima kilometer lagi. Ikuti saja papan petunjuk arah yang ada. Kamu juga bisa mengikuti arahan dari aplikasi peta di ponsel pintarmu kok. Nah, kalau sudah menjumpai gapura penanda area Candi Ngempon, berkonsentrasilah! Jalanan yang sempit dan sedikit berlumut memang mengharuskanmu untuk lebih berhati-hati.

Gapura Menuju Candi Ngempon

Gapura menuju Candi Ngempon (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Namun, perjuanganmu akan terbayar begitu kamu memasuki area Candi Ngempon yang tenang dan jauh dari riuhnya kota. Terletak di tengah persawahan milik warga, candi yang ditemukan pada 1952 ini menyajikan suasana menenangkan. Gemericik aliran sungai dan semilir angin bakal menyapamu.

Nah, buat kamu yang sedang galau, luapkanlah saja segala kesenduanmu di sini. Eits, tapi setelah itu jangan lupa berbenah hati lagi ya! Buang dan tinggalkan galaumu, lalu nikmati suasana di Candi Ngempon yang syahdu. Ugh!

Gratis

Kalau kamu pengin piknik sementara kantongmu benar-benar lagi cekak, berwisatalah ke sini, karena kamu nggak bakal ditarik biaya apapun. Yap, pengelola Candi Ngempon memang belum menerapkan biaya apapun alias gratis. Yang harus kamu lakukan hanyalah menjaga kebersihan di candi yang termasuk salah satu cagar budaya ini. Dan ingat, no vandalism!

Candi Ngempon (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Candi Ngempon merupakan candi peninggalan kerajaan Hindu. Belum ada data yang valid mengenai masa pendirian candi ini. Namun, dilihat dari arsitekturnya, Candi Ngempon diperkirakan sezaman dengan Candi Gedong Songo di Kabupaten Semarang yang dibangun pada abad ke-7-8 Masehi.

Candi ini sebenarnya terdiri atas satu candi induk dan lima candi perwara. Saat dikunjungi Inibaru.id, Kamis (12/4/18), hanya ada empat candi yang berdiri sementara yang lainnya masih dalam proses penataan kembali. Wah, semoga cepat selesai!

Candi Ngempon (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Di kawasan ini kamu juga bisa mengunjungi pemandian air panas, yakni Petirtaan Derekan, yang tepat berada di seberang Candi Ngempon. Maka, setelah puas menikmati ketenangan di Candi Ngempon, kamu bisa segera berendam di air hangat di sana. Badan segar, hati pun senang!

Saat kamu pulang kembali ke rumah, galau yang kamu bawa ke candi ini pun bisa dipastikan bakal berkurang, bahkan hilang. Kamu pun akan lebih siap menghadapi Senin yang padat. Wah!

Gimana Millens? Yuk, atur jadwal akhir pekanmu ke Candi Ngempon! (Mayang Istnaini/E03)