Berkunjung ke Ayanaz? Jangan Lupa Berfoto di Spot-Spot Ini!

Berkunjung ke Ayanaz? Jangan Lupa Berfoto di Spot-Spot Ini!
Ayanaz Gedongsongo, (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Ayanaz Gedongsongo menawarkan konsep wisata baru berupa puluhan spot foto yang unik banget. Hmm, jadi penasaran, nih!

Inibaru.id – Seorang fotografer pernah mengatakan, foto adalah investasi masa depan, karena cuma dengan cara itu seseorang bisa "kembali" ke masa lalu. Maka, abadikanlah momen berhargamu bersama teman, saudara, atau keluarga dengan berofoto. Jangan pula merasa berdosa untuk berswafoto, asal tahu tempat dan situasi.

Di Kabupaten Semarang, tepatnya di kompleks Candi Gedongsongo, Kecamatan Bandungan, ada satu lokawisata bagus untuk kamu jadikan sebagai latar fotomu. Ayanaz Gedongsongo namanya.

Dibuka pada 11 Juni 2018 dengan nama Ayana, pengelola mengubah nama tersebut menjadi Ayanaz sebulan berselang, tepatnya pada 13 Juli. Ini karena nama Ayana secara hukum dalah milik salah satu resort di Bali. Jadi, jangan keliru lagi, ya, Millens!

Lokawisata baru itu memang cukup fenomenal. Baru dua bulan dibuka, ribuan pengunjung sudah membanjiri tempat ini tiap harinya. Konsep kekinian yang instagenik memang menjadi magnet pengunjung. Selain lokasinya yang sejuk, pelbagai spot berfoto juga bisa kamu temukan di sana.

Ayanaz Gedongsongo. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Sekurangnya ada 42 spot foto berobjek yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, kamu juga bisa berfoto dengan latar keelokan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dilengkapi dengan hamparan pemukiman dan lembah hijau di bawahnya. Kalau beruntung, foto-fotomu juga bisa "dihiasi" kabut yang kerap turun lantaran Ayanaz tepat berada di lereng Gunung Ungaran.

Nah, penasaran spot-spot mana saja yang bisa kamu nikmati di Ayanaz Gedungsongo?

Balon Udara

Balon udara, salah satu spot foto yang cukup banyak didatangi pengunjung. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Ada 4 balon udara di Ayanaz yang bisa kamu jadikan spot foto instagramabel. Dengan balon raksasa berwarna-warni yang berada pada ketinggian, kamu jadi mudah membayangkan seolah-olah balon tersebut benar-benar terbang. Seru, ya?

Spot Air

Kursi yang "digenangi" air juga menjadi spot menarik untuk wefie. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Spot air merupakan spot foto yang berada di sudut Ayanaz. Spot ini berbentuk memanjang seperti sungai kecil di tepi bukit. Di sana terdapat banyak spot foto yang bisa kamu pilih, seperti sofa unik, meja dan kursi yang berhadapan, maupun underwater sofa.

Dome

Dome juga menjadi spot foto menarik bareng keluarga. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Jika ditotal, terdapat 22 dome dengan tema yang berbeda-beda. Tema tersebut dituangkan pada bantal-bantal lucu yang ada di dalam dome. Dari dalam dome, kita bisa melihat pemandangan alam dengan jangkauan pandang yang luas, lo!

Kursi Gantung

Bersantai sejenak di kursi gantung. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Bersantai menikmati waktu sejenak sembari memanjakan mata, kenapa nggak? Duduk di kursi gantung atau sofa gantung akan menjadi pilihan yang asyik banget untuk kamu, Millens. Coba rasakan semilir angin sejuk di ketinggian yang bisa kamu dapat di Ayanaz. Hm, bikin betah!

Bubble Tent

Bola kaca alias bubble tent. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Nah, ini yang nggak kalah spesial! Kamu bisa berfoto di dalam bubble tent bening yang dihiasi bantal berwarna-warni. Untuk berfoto di bubble yang tersedia, kamu perlu membayar tambahan biaya sebesar Rp 5.000. Sebagai gantinya, kamu bakal mendapat jasa foto dari pegawai Ayanaz.

Hammock

(Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Di bagian atas Ayanaz, nggak jauh dari jalur kuda menuju Candi Gedongsongo, ada satu hammock yang juga bisa kamu jadikan objek foto yang ciamik. Tempat ini cocok buatmu berswafoto, tapi harus gantian sama yang lain.

Hampir tiap hari semua spot foto di Ayanaz memang dipadati pengunjung. Mereka bahkan rela mengantre untuk mendapat giliran mematut diri di depan kamera.

Satu hal yang perlu kamu ingat di sana adalah, spot foto di Ayanaz bukanlah rest area. Jadi, jangan bercengkerama terlalu lama di sana, ya, apalagi sampai menggelar makanan di spot tersebut.

Sebagai contoh, untuk berfoto di setiap dome, kamu diberi waktu maksimal 10 menit. Sementara, untuk berfoto di dalam bubble, waktu yang tersedia adalah 3 menit, sedangkan spot foto lain menyesuaikan antrean.

Oiya, karena tiupan angin lumayan kencang dan udara cukup dingin, ada baiknya kamu juga mengenakan pakaian yang agak tebal, terutama kalau kamu nggak terbiasa dengan cuaca dingin.

Nah, buat kamu yang sudah geregetan untuk datang ke sini, kita berangkat, kuy! Nggak perlu nunggu akhir pekan! Eits, tapi jangan lupa sediakan uang sekitar Rp 20 ribu untuk menebus tiketnya, ya, MillensHappy daycation! (Ayu S Irawati/E03)