Sejuk Segar Ngabuburit di Kampoeng Banyumili

Mudik melintasi jalur Ambarawa dan Salatiga? Singgahlah sejenak sembari menunggu waktu berbuka di Kampoeng Banyumili. Suasana pedesaan nan sejuk dan segar akan menyambutmu.

Sejuk Segar Ngabuburit di Kampoeng Banyumili
Panorama epik Kampoeng Banyumili. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Inibaru.id – Baru pulang kampung ke Jawa Tengah dan bingung cari tempat ngabuburit di sisa puasa Ramadan kali ini? Kalau kamu mudik ke Salatiga atau sekitarnya, bertandanglah ke Kampoeng Banyumili. Berada di kawasan pedesaan berhawa sejuk, kamu bakal disuguhi panorama epik di lereng Gunung Telomoyo, dan yang pasti menu kulinernya yang lezat.

Kampoeng Banyumiliki berlokasi di Jalan Muncul, Dusun Gedangan, Desa Bandungan, Kecamatan Tuntang, Kota Salatiga. Semula, nggak banyak yang tahu tentang restoran yang menyediakan berbagai wahana edukasi ini lantaran lokasinya yang berada di tengah perkampungan. Namun, the power of social media mengubah itu semua.

Suasana pedesaan yang asri di Kampoeng Banyumili. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Konsep yang asyik, yakni memadukan tempat makan dengan panorama menawan membuat restoran ini banyak diminati masyarakat. Sajian kulinernya juga sangat khas pedesaan, semisal tumis ganjer, tumis kangkung, terong penyet, sayur asem, ketela goreng dan masih banyak lagi.

Nggak cuma makanannya yang "ndeso", kamu juga bisa menempati saung-saung atau pondok joglo laiknya di persawahan untuk menikmati pesanan makananmu. Yeah, ala-ala petani gitu deh! Ha-ha.

Pondok joglo ala Kampoeng Banyumili. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Nah, kalau kamu mau ngabuburit, datanglah jauh sebelum waktu berbuka. Jadi, sembari menunggu bedug azan Magrib, kamu bisa berjalan-jalan santai sambil menikmati suasana sore di sana. Lokasinya yang tepat berada di lereng Telomoyo membuat tempat ini sangat instagramabel. Jadi, kamu juga bisa berburu foto di sini.

Wisata Edukasi

Kampoeng Banyumili didesain sebagai tempat wisata keluarga. Jadi, kalau kamu pengin mengajak keluarga, atau calon keluarga, juga pas banget, lo. Di sini ada pelbagai wahana mancakrida (outbound) seperti permainan highrope dan ninja warrior. Ada pula wahana air dan edukasi yang bakal cocok buat kamu nikmati bareng keluarga.

Oya, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas perahu yang dapat dinaiki pengunjung. Jadi, kamu bisa berperahu mengelillingi kolam di sana. Hm, cocok untuk menyenangkan hati calon keponakan nih, Millens! Siapa tahu mertua jadi senang juga hatinya. Ha-ha.

Kampoeng Banyumili cocok untuk tempat ngabuburit yang asik. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Sstt, sedikit bocoran, harga di restoran ini nggak mahal kok. Jadi, kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk ngajak gebetanmu plus seluruh keluarganya ke sini. Eits, tapi jangan berkunjung pada Senin ya, karena mereka libur.

Fergi, salah seorang staf di restoran tersebut mengatakan, dari Selasa hingga Jumat, Kampoeng Banyumili biasa buka pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, sedangkan untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu), mereka umumnya buka hingga pukul 18.00 WIB.

"Namun, khusus selama Ramadan, kami nambah jam operasional selama tiga jam. Jadi, kami baru tutup pukul 21.00 WIB,” terang Fergi.

Untuk menuju ke Kampoeng Banyumili, kamu tinggal numpang angkutan nomor 1 dari pusat kota Salatiga lalu turun di Pasar Jetis atau Patung Gajah Sraten. Dari sana, kamu bisa naik minibus jurusan Salatiga-Ambarawa hingga tiba di Kampoeng Banyumili. Mudah, bukan?

Mumpung pulang kampung, buruan gih ajak gebetan kamu buat ngabuburit di Kampoeng Banyumili. Biar nggak timbul fitnah, perginya bareng-bareng ya, Millens! Ha-ha. (Hayyina Hilal/E03)