Tumpukan Sampah Plastik Juga Ditemukan di Pantai Tirang

Tumpukan Sampah Plastik Juga Ditemukan di Pantai Tirang
Sampah plastik di tepian Pantai Tirang. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Sampah plastik masih menjadi persoalan serius bagi banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Nggak hanya di darat, sampah plastik juga banyak ditemukan di laut yang berdampak buruk bagi ekosistem lautan.

Inibaru.id  - Sampah plastik hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Nggak hanya di darat, sampah plastik juga banyak ditemukan di lautan. World Economic Forum pada 2016 menyatakan ada lebih dari 150 juta ton plastik di seluruh lautan. Setiap tahunnya, ada sekitar 8 juta ton sampah plastik yang mengalir ke laut.

Saya membuktikannya sendiri saat belum lama ini berkunjung ke Pantai Tirang, Kota Semarang. Di antara hamparan pasir pantai dan pepohonan mangrove, nggak sedikit sampah plastik yang teronggok. Sebagian besar sudah tersapu ombak hingga ke darat.

Nggak sedikit pula sampah plastik yang warnanya mulai memudar, menandakan lamanya waktu sampah tersebut dibuang.

Sampah plastik di antara pohon mangrove. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Ada dua kemungkinan bagaimana sampah-sampah plastik tersebut dapat terhampar di pantai, Millens. Bisa jadi sampah memang dibuang ke laut kemudian tersapu ombak hingga ke pantai atau sampah memang dibuang di pantai begitu saja oleh pengunjung.

Atas alasan apapun membuang sampah ke laut nggak dibenarkan ya. Terutama sampah plastik yang membutuhkan waktu lama untuk terurai. Ekosistem laut pun akan terganggu. Terbukti dari banyaknya kasus hewan mati karena terlalu banyak menelan sampah plastik.

Pada 19 November 2018, seekor bangkai paus ditemukan di perairan Pulau Kapota, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Di dalam perutnya ditemukan berbagai macam sampah plastik mulai dari gelas plastik, botol plastik, kantung plastik, tali rafia, sandal jepit, hingga karung nilon. Total berat basah sampah mencapai 5,9 kilogram seperti ditulis Detik, (24/11/2018).

Sampah plastik masih banyak ditemukan di Pantai Tirang. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Pantai Tirang sendiri masih sering didatangi oleh pengunjung. Kebanyakan dari mereka datang untuk memancing, menandakan masih banyak ditemukan ikan dan hewat laut lainnya di sana.

Jika kebiasaan membuang sampah ke laut tetap diteruskan, maka ekosistem laut pun akan semakin terancam keberadaannya. Nah, yuk budayakan membuang sampah pada tempatnya dan kurangi penggunaan plastik! (Mayang Istnaini/E05)