Mengitari Telaga Menjer dengan Perahu Wisata

Kalau kamu sedang berada di Wonosobo, nggak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Dijamin nggak bakal bikin nyesal deh!

Mengitari Telaga Menjer dengan Perahu Wisata
Menikmati indahnya Telaga Menjer dari atas perahu wisata. (Inibaru.id/Mayang Istnaini)

Inibaru.id – Berwisata di Kabupaten Wonosobo nggak melulu harus ke Dieng. Masih banyak, lo, tempat wisata lain yang nggak kalah menarik untuk kamu kunjungi kalau sedang berada di kota berhawa dingin tersebut. Salah satunya adalah Telaga Menjer.

Berlokasi di Desa Maron, Kecamatan Garung, kamu cukup membayar tiket seharga Rp 5.000 saja untuk masuk ke Telaga Menjer. Satu hal yang harus kamu coba di sana, yakni menaiki perahu wisata yang akan membawamu mengelilingi telaga itu, Millens.

Kamu cukup membayar sebesar Rp 15 ribu untuk bisa mengitari telaga seluas kurang lebih 70 hektare itu. Perjalanan itu akan memakan waktu sekitar 30 menit. Selama itu kamu bisa menikmati pemandangan ketika air Telaga Menjer yang tenang terbelah oleh perahumu. Hm!

Karena berada di kawasan pegunungan, udara di sana juga terbilang sejuk dan menenangkan. Apalagi kalau kamu datang pada sore hari. Kabut tipis juga sesekali bakal turun, menemani perjalanan wisatamu di telaga tesebut. Seru deh pokoknya!

Pencinta swafoto? Tenang, ada banyak spot menarik untuk kamu bergaya unyu di depan kamera. Warga setempat bahkan membuat dua titik swafoto khusus yang memang diperuntukkan bagi pengunjung. Kamu tinggal mengisi uang sukarela yang kamu masukkan ke kotak dana pengelolaan.

Perlu kamu tahu, kawasan Telaga Menjer dikelola secara swadaya oleh pemuda desa setempat. Perahu-perahu wisata yang ada juga kepunyaan warga Desa Maron, termasuk pengemudinya. Mereka adalah para pemuda karang taruna Paguyuban Getek Seniti.

Mitos Telaga Menjer

Ada satu kepercayaan yang beredar luas di Telaga Menjer yang perlu kamu tahu nih, Millens. Konon, siapapun yang berpacaran di kawasan telaga tersebut bakal ketiban sial, yakni hubungan mereka akan putus. Nah, tuh! Ha-ha.

Namun, namanya juga mitos, boleh percaya atau tidak. Kalau memang mau nggak berjodoh, ya, nggak ke Menjer juga bakal putus, bukan? Hal senada juga dikatakan Ahmadin, Ketua Paguyuban Getek Seniti. Ditemui Inibaru.id belum lama ini, dia menampik anggapan tersebut.

“Ah, itu sih memang dasarnya nggak berjodoh saja. Kalau memang jodoh harusnya malah bisa semakin dekat. Kan asyik menikmati keindahan Telaga Menjer berdua,” kelakar Ahmadin.

Ah, sudahlah, buktikan saja sendiri, Millens! Kalau kamu berniat mengunjungi Telaga Menjer, kawasan wisata itu buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Jangan lupa ajak teman-teman dan keluarga, ya. Semakin ramai tentu akan semakin seru, bukan? (Mayang Istnaini/E03)