Lokasi Air Terjun Jaka Tarub, Di Sana Bisa Ketemu Bidadari?

Lokasi Air Terjun Jaka Tarub, Di Sana Bisa Ketemu Bidadari?
Air Terjun Sekar Langit di Magelang, diyakini jadi lokasi Legenda Jaka Tarub. (travels.id)

Pernah mendengar tentang Legenda Jaka Tarub yang bertemu tujuh bidadari yang mandi di air terjun dan memperistri salah satunya, yakni Nawang Wulang? Nah, kabarnya, air terjun ini beneran ada, lo. Lantas, di mana sih lokasi air terjun Jaka Tarub?

Inibaru.id – Salah satu cerita rakyat yang cukup populer di Indonesia adalah Jaka Tarub. Dalam cerita itu, disebutkan kalau Jaka Tarub bertemu dengan bidadari yang sedang mandi di air terjun. Nah, kamu tahu nggak di mana lokasi air terjun Jaka Tarub ini?

Meski hanya cerita rakyat, ada sebuah air terjun di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang kabarnya memang jadi lokasi di mana Jaka Tarub bertemu dengan tujuh bidadari. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Sekar Langit yang berlokasi di Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Millens.

Jaraknya dari Kota Magelang nggak jauh-jauh amat, kok, yakni sekitar 24 km. Lalu lintas dari Kota Magelang juga nggak begitu padat. Jadi, kamu bisa mencapainya dalam waktu sekitar 40 menit saja.

Meski begitu, karena air terjun ini berada di kawasan perbukitan yang ada di sebelah utara Gunung Andong dan Gunung Merbabu, jalannya tentu sedikit menanjak. Maklum, air terjun ini ada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Untungnya sih, jalur menuju Air Terjun Sekar Langit nggak sulit. Tempat parkir kendaraannya bahkan terlihat jelas dari pinggir jalan. Meski begitu, kalau kamu mau mencapai air terjunnya, harus jalan kaki sekitar 5 sampai 10 menit dari area parkir. Selain itu, ada biaya retribusi yang harus kamu bayar. Murah kok, hanya Rp 6 ribu!

Air Terjun Sekar Langit kabarnya sering dikunjungi pejabat kolonial Belanda. (allindonesiatourism)
Air Terjun Sekar Langit kabarnya sering dikunjungi pejabat kolonial Belanda. (allindonesiatourism)

Air Terjun Sekar Langit terdiri atas dua tingkat sehingga membuatnya memiliki gemuruh suara yang cukup keras. Untungnya, alirannya nggak begitu deras dan kolam di bawah tempat jatuhnya air nggak begitu dalam. Jadi, pengunjung pun bisa bermain air dengan puas dan aman, deh.

Karena berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, otomatis hawa di air terjun ini cukup sejuk, Millens. Bahkan, konon karena air terjun ini sangat sejuk, dulu banyak pejabat kolonial di masa Indonesia masih dijajah Belanda yang main ke sini demi melepaskan penat. Kalau istilahnya di zaman sekarang sih healing gitu, ya? Haha.

Di samping aliran air terjun, konon ada tempat di mana Jaka Tarub bertapa. Tempat ini sampai dikeramatkan warga sekitar, lo. Jadi, jangan heran ya kalau kamu bisa menemukan sesaji seperti bunga atau dupa yang dibakar di sana.

Menariknya, ada satu tempat lain yang juga diyakini jadi lokasi asli legenda Jaka Tarub, yakni Sendang Kahuripan Widodaren yang ada di Ngawi, Jawa Timur. Terlepas mana yang benar, yang penting kita bisa menikmati keindahan tempat ini, ya?

Hm, mungkin nggak ya ketemu bidadari di Air Terjun Sekar Langit sebagaimana Jaka Tarub yang akhirnya memperistri Nawang Wulan gitu, Millens? Kali aja, ya? Haha. (Kom/IB09/E05)