Inilah 5 Keterampilan Ini Bisa Kamu Asah di Dusun Tembi Yogyakarta

Inilah 5 Keterampilan Ini Bisa Kamu Asah di Dusun Tembi Yogyakarta
Wisatawan internasional belajar membatik. (cvtugu.com)

Ada beberapa keterampilan yang bisa kamu pelajari di Dusun Tembi, Yogyakarta. Dusun dengan budaya Jawa yang kental ini menawarkan beberapa kelas edukasi yang menarik, lo. Apa saja ya?

Inibaru.id – Setiap daerah memiliki kerajinan khas masing-masing. Nggak jarang, kerajinan khas ini mengundang rasa penasaran para wisatawan untuk belajar membuatnya.

Untuk mengobati rasa penasaran mereka, desa wisata biasanya juga menyediakan paket edukasi. Lewat paket tersebut, para pengrajin mengajari wisatawan untuk membuat kerajinan.

Sebagai salah satu daerah wisata, Dusun Tembi di Yogyakarta pun menyediakan paket edukasi. Ada lima keterampilan yang bisa kamu asah di dusun yang berada di Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul ini. Penasaran apa saja keterampilan-keterampilan tersebut? Yuk, kulik dulu di bawah ini.

Membatik

Yogyakarta memiliki batik dengan ciri yang unik. Kalau kamu pengin tahu gimana caranya membatik, Dusun Tembi bisa jadi tempatmu belajar. Nggak hanya membatik di kain, kamu juga bakal diajari cara membatik di topeng kayu, lo. Untuk mengikuti kelas edukasi ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 35.000-Rp 40.000 per orang.

Membuat Kerajinan Tangan

Selain membatik, kamu juga bisa belajar membuat beberapa kerajinan tangan. Di Dusun Tembi, kamu akan diajari cara membuat tempat tisu dan tempat pensil. Ilmu ini bisa kamu dapatkan dengan membayar investasi sebesar Rp 25.000-Rp 40.000 saja, lo.

Membuat dan Mewarnai Keramik

Keramik kerap menjadi penghias rumah yang menawan, apalagi jika warna dan bentuknya lucu. Jika kamu pengin punya hiasan keramik yang kamu buat sendiri, kamu bisa belajar membuat sekaligus mewarnainya di Dusun Tumbu.

Tatah Sungging Wayang

Selain membatik, rasanya belum lengkap kalau belum belajar memahat dan mewarnai wayang. Sebagai salah satu kesenian Jawa, wayang kerap dipilih sebagai buah tangan. Meski kamu nggak bisa memainkannya layaknya dalang, seenggaknya wayang buatanmu bisa jadi pajangan di dinding rumah.

Membuat Sagon

Sagon merupakan kue khas Dusun Tembi. Nggak sulit untuk menemukan kue ini di wilayah-wilayah lain di Yogyakarta. Membuat kue ini cukup mudah karena hanya menggunakan tiga bahan yaitu tepung terigu, gula, dan kelapa. Kamu bisa belajar membuatnya dengan membayar Rp 20.000 per orang. Murah kan?

Kalau pengin mengambil beberapa kelas, kamu bisa memilih paket sesuai kebutuhan. Selain lebih hemat, tentu keterampilan yang kamu dapat juga lebih banyak. Hm, kira-kira kelas edukasi mana saja yang pengin kamu ambil, Millens? (IB15/E03)