Kian Bersolek, Inilah 5 Desa Wisata di Dekat Borobudur yang Perlu Kamu Kunjungi!
Terdapat puluhan balkondes di Kompleks Candi Borobudur. (Travelingyuk)

Kian Bersolek, Inilah 5 Desa Wisata di Dekat Borobudur yang Perlu Kamu Kunjungi!

Banyak cara dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian warga, termasuk dari sektor pariwisata. Di Magelang, desa-desa di sekitar Candi Borobudur "dipermak" agar menarik wisatawan untuk berkunjung. Desa mana saja?

Inibaru.id –  Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain Candi Borobudur, desa-desa wisata di sekitarnya juga menarik untuk dikunjungi, lo.

Sejak Dinas Pariwisata Magelang dan BUMN melakukan kerja sama dengan membuat Balai Ekonomi Desa (Balkondes), desa-desa di sekitar Candi Borobudur kini kian cantik dan ciamik, lo. Berikut lima desa wisata yang sebaiknya kamu singgahi jika ke sana.

Desa Giritengah

Desa Giritengah dari kejauhan. (Balkondesborobudur.com)

Desa Giritengah memiliki sejumlah produk unggulan seperti mebel bambu, topeng buto, jarang kepang, dan bakul bambu. Kalau kamu pengin membeli peralatan bernuansa tradisional, di desa inilah kamu bisa mendapatkannya.

Baca Juga: Desa Wisata Giritengah Magelang, Persinggahan Pangeran Diponegoro yang Tawarkan Keindahan 4 Gunung

Desa Bigaran

Desa Bigaran, desa penghasil cokelat. (Balkondesborobudur.com)

Doyan cokelat? Suka selai cokelat? Kamu harus mampir ke Desa Bigaran. Lantaran mampu menghasilkan biji cokelat, penduduk Desa Bigaran mengolahnya menjadi selai cokelat. Rasanya? Hm, nggak kalah enak kok dengan selai-selai merk ternama.

Baca Juga: Tak Jauh dari Borobudur, Cicipilah Cokelat Ndeso di Desa Bigaran Magelang

Desa Kembanglimbus

Desa Kembanglimbus memiliki bangunan-bangunan dengan bentuk yang unik. (Balkondesborobudur.com)

Sedikit berbeda dengan desa lain, Desa Kembanglimbus layak dikunjungi karena di tempat ini terdapat jalur trekking. Jalur trekking dengan panjang sekitar 300 meter itu bakal membawamu ke puncak Bukit Puthuk Cemuris dan Bukit Seberuk. Hm, kamu yang suka jalan-jalan, harus mampir ke sana ya!

Baca Juga: Berziarah hingga Trekking Asyik di Desa Kembanglimus Magelang

Desa Majaksingi

Spot ini sering dipake berfoto, lo. (Balkondesborobudur)

Desa Majaksingi memilki keindahan alam yang luar biasa. Di sana, kamu bisa menyaksikan perkebunan dan persawahan membentang. Di desa ini, terdapat pula Goa Maria Watu Tumpeng yang menjadi tujuan berwisata rohani umat Katolik. O ya, kalau lapar, ada banyak rumah makan dengan menu yang enak di sana, lo.

Baca Juga: Majaksingi, Desa dengan Kearifan Lokal di Magelang yang Memanjakan Mata

Desa Wringinputih

Rumah anjungan di Desa Wringinputih. (Balkondesborobudur.com)

Jika Desa Mijiksingi punya produk andalan berupa hasil pertanian, Desa Wringinputih juga nggak mau kalah dengan kerajinan bambunya. Penduduk desa ini memanfaatkan bambu untuk diolah menjadi pelbagai suvenir. Mulai dari gasing hingga permainan kuda lumping bisa kamu temukan di sana dengan harga yang relatif terjangkau.

Baca Juga: Weekend Escape di Antara Bambu-Bambu Kampung Klatakan di Desa Wringinputih Magelang

Sudah pernah mengunjungi kelima desa tersebut? Yuk, siapkan tasmu dan ayo jelajahi keindahan Magelang! (IB15/E03)