Lima Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Embung Langensari

Lima Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Embung Langensari
Embung Langensari terbuka bagi semua kalangan dari anak-anak hingga lansia. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Letak Embung Langensari memang strategis karena berada di pusat kota. Nggak heran tempat ini sering menjadi rujukan untuk berbagai kegiatan. Dari olahraga, memancing, hingga nonton lomba.

Inibaru.id – Daerah Istimewa Yogyakarta nggak hanya terkenal dengan Embung Nglanggeran dan Embung Srintennya. Ada satu lagi yang menarik bernama Embung Langensari. Letaknya berada di pusat DIY, tepatnya di Jalan Kusbini No.35, Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Jadi kamu nggak perlu mblusuk-mblusuk untuk mencapainya.

Sebab letaknya yang strategis di kota dan dekat dengan jalan raya, embung ini sangat mudah dijangkau dan sering dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat sekitar. Berikut lima aktivitas yang bisa kamu lakukan di Embung Langensari.

1. Olahraga di Pagi dan Sore Hari

Berolahraga di Embung Langensari. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Waktu yang sangat tepat untuk berolahraga di Embung Langensari adalah pagi pukul 06.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB. Kalau kamu berolahraga di sini dijamin nggak kesepian, sebab banyak pemuda dan pemudi yang rutin joging dan lari sore.

Pada weekend di tempat ini juga terkadang ada senam bagi ibu-ibu dan remaja putri. Semuanya gratis, tinggal siapkan pakaian senam dan sepatu saja. Akan ada instruktur senam yang akan membimbing. Pulang-pulang dijamin tubuhmu bakal lebih sehat deh.

2. Memancing Ikan

Seorang bapak tengah memancing ikan. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Memancing nggak melulu di laut, sungai, atau danau saja ya, embung pun bisa jadi pilihan. Terdapat beberapa peraturan yang harus kamu patuhi saat memancing di Embung Langensari, salah satunya nggak boleh nyekrik atau mencari ikan dengan peralatan pancing tapi tanpa umpan.

Kebanyakan orang yang memancing di tempat ini para bapak yang tengah mengisi waktu luangnya. Kadang pula para bapak ini membawa anak laki-laki mereka untuk ikut memancing. Makanya, memancing yang paling ramai di tempat ini pas hari Minggu.

3. Membaca Buku dan Berdiskusi dengan Klub Pencinta Buku

Salah satu spot yang bisa digunakan untuk belajar di Embung Langensari. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Jangan salah, karena tempatnya yang sejuk dan tenang, Embung Langensari bisa menjadi tempat alternatif kamu baca-baca buku. Riak kecil embung dan segarnya pohon di sini akan membuatmu makin cepat konsentrasi, sehingga buku yang kamu baca jadi cepat pula meresapnya.

Beberapa klub pecinta buku seperti Klub Baca juga pernah mengadakan acara mereka di sini. Sebagai tempat untuk menulis dan kontemplasi juga nggak kalah menarik lo, Millens. Di Embung Langensari juga terdapat laboratorium khusus untuk belajar, tapi sayangnya jarang dibuka.

4. Nonton Pertunjukkan, Konser, dan Pameran

Pameran mahasiswa arsitektur. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Biasanya kegiatan pertunjukkan seperti konser musik dan pameran dari para mahasiswa berbagai universitas di Yogyakarta juga mengadakan acaranya di tempat ini. Kadang pula ada kegiatan syukuran bersama dari masyarakat sekitar sana, seperti acara halal bi halal Kelurahan Klitren usai lebaran.

Pernah pula ada pameran dari mahasiswa arsitek Universitas Teknologi Yogyakarta lewat pameran arsitektur dari bambu.

5. Melihat Lomba Burung

Berbagai macam burung sering mengadakan lomba burung berkicau di Embung Langensari. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Bagi Birds Lover tentu perlombaan burung yang diadakan di Embung Langensari nggak asing. Lomba nyanyi burung ini biasanya diadakan pada Selasa dan Kamis sore. Jika kamu punya burung yang bersuara keren, nggak ada salahnya diaudisikan di tempat ini.

Prosedurnya cukup dengan mendaftar ke panitia, membayar biaya pendaftaran, mendapat nomor audisi, dan siap-siap untuk dinilai. Ada hadiah menarik bagi pemilik burung yang menang.

Nah, Millens sudah ada gambaran mau melakukan apa di Embung Langensari? (Isma Swastiningrum/E05)