Aturan-Aturan Nggak Tertulis di Pantai yang Perlu Kamu Perhatikan!

Aturan-Aturan Nggak Tertulis di Pantai yang Perlu Kamu Perhatikan!
Berlibur ke pantai. (Familytravelassociation)

Tiap orang punya kedaulatan atas dirinya untuk melakukan apapun. Namun, bukan berarti kita bisa seenaknya, karena orang lain juga punya kedaulatan atas diri mereka. Ada aturan nggak tertulis alias etika yang perlu kamu perhatikan ketika berada di tempat umum, saat berlibur ke pantai misalnya, biar nggak terkesan mengganggu orang lain. Apa saja?

Inibaru.id – Yogyakarta memiliki banyak pantai yang bisa bikin kangen wisatawan. Kalau kamu sedang merencanakan liburan ke objek wisata ini, kamu juga perlu mengetahui beberapa aturan nggak tertulis.

Supaya nggak mengganggu kenyamanan wisatawan lain, cek dulu apa saja yang sebaiknya nggak kamu lakukan di sana!

Hindari Bermain di Keramaian

Bermain voli nggak jarang dilakukan sebagian orang ketika di pantai. Nah, kalau kamu pengin main, sebaiknya pilihlah lokasi yang sepi supaya bolamu nggak mengenai pengunjung lain.

Jika pantai memang sedang padat pengunjung, sebaiknya tunda permainanmu dengan melakukan hal lain.

Jangan Merokok

Pantai memang ruangan terbuka, tapi bukan berarti kamu bisa sembarangan merokok. Jika ada banyak pengunjung, asap yang tertiup angin tentu bakal mengganggu orang lain.

Eh, meski sepi, bukan berarti kamu juga boleh merokok, lo. Puntung rokok merupakan salah satu limbah yang mencemari ekosistem laut jika dibuang sembarangan. Jadi, kalau pengin merokok, sebaiknya di parkiran saja ya, Millens.

Jangan Berlari

Wisatawan, baik lokal maupun internasional, biasanya menggunakan waktu liburan mereka untuk bersenda-gurau atau berjemur di pantai. Kalau kamu pengin bergabung, berjalanlah dengan tenang dan jangan berlari.

Berlari bakal bikin pasir di sekitarmu berpencaran dan mengenai orang-orang yang kamu lewati. Jadi, tetap jaga sikap saat di pantai ya!

Hormati Budaya Setempat

Meski pakaian renang biasanya digunakan di pantai, bukan berarti masyarakat di semua pantai bisa menerimanya, lo. Sebelum pergi liburan, kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait pantai yang menjadi tujuanmu, termasuk norma yang berlaku di sana.

Jangan Abaikan Peringatan

Jika ada papan peringatan yang melarangmu berenang atau mendekati suatu tempat, jangan coba-coba melanggarnya. Bisa jadi, batu karang yang akan kamu panjat memiliki kelicinan yang membahayakan.

Jangan abaikan juga peringatan penjaga pantai jika cuaca memburuk. Dibuatnya peringatan tentu juga demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Rambu-rambu itu sebaiknya kamu terapkan ketika sudah sampai di pantai tujuanmu. Selama berlibur, jangan lupa beli cenderamata lokal ya. Biasanya ada banyak penjual produk lokal yang unik di sekitar pantai. Tawarlah dengan harga yang manusiawi karena mereka nggak mengemis.

Selain berkontribusi meningkatkan penghasilan negara lewat pariwisata, kamu juga berkontribusi memberi penghidupan pada mereka. Yuk, sering-sering wisata ke pelbagai wilayah di negeri sendiri! (IB15/E03)