Kantong Pas-pasan tapi Butuh Liburan? Bisa, dengan Piknik Kelas Mahasiswa Ini!

Kantong Pas-pasan tapi Butuh Liburan? Bisa, dengan Piknik Kelas Mahasiswa Ini!
Liburan bisa menjadi sarana melepas penat. (Kepulauanbanyak)

Berlibur merupakan kebutuhan bagi semua orang. Namun, keterbatasan keuangan harus disiasati biar piknik nggak pending melulu. Gimana caranya?

Inibaru.id - Kerjaan bertubi atau tugas kuliah yang seakan nggak ada habisnya bikin kita sulit mencari waktu melarikan diri. Namun, piknik nggak boleh terus disela, karena kebahagiaan adalah hal hakiki. Ha-ha. Kamu perlu berlibur, meski kantongmu mungkin sedang nggak makmur.

Nah, jika pengin piknik tanpa menghamburkan banyak rupiah, kamu tengah berada di jalan yang tepat. Dengan dana yang terbatas, kamu dijamin bakal tetap bisa piknik asyik. Tentu saja dengan mengikuti tips-tips ini!

Tentukan Tujuan dan Rencanakan dengan Matang

Jangan pernah malas bikin anggaran! Untuk urusan sekecil apapun, rencanakan dengan matang pengeluaranmu, termasuk dalam merencanakan liburan.

Rencanakan liburanmu dengan matang, ya! (Goabroad)

Pertama, rencanakanlah destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Lalu, pastikan kamu bikin estimasi biaya transportasi, termasuk tiket masuk, dan uang makan selama piknik.

Kalau nggak punya uang? Ya, menabunglah! Setidaknya, kamu tahu berapa banyak yang harus kamu tabung, juga berapa lama, untuk bisa berlibur.

Ambil Cuti dan Berliburlah saat Weekday

Sejumlah tempat wisata menerapkan tiket masuk yang berbeda, lebih mahal saat akhir pekan dan murah pada tengah pekan a.k.a weekday. Bahkan, terkadang mereka membuat promo khusus. Ini juga berlaku untuk maskapai penerbangan atau akomodasi perjalanan lain.

Kalau bisa senyaman ini liburan, berhadapan dengan bos untuk ambil cuti nggak jadi soal, bukan? (Yovada)

Artinya? Berliburlah pada tengah pekan! Ehm, tampak mustahil? Buatlah itu terwujud dengan mengambil cuti! Tiap pekerja punya hak cuti sekitar 12 hari setahun, maka manfaatkanlah! Lagipula, dengan berlibur pada akhir pekan, kamu bakal lebih leluasa berekspresi di tempat tujuan karena mungkin nggak banyak pengunjung di sana.

Dengan mengambil cuti, liburanmu dijamin bakal lebih nyaman, dan tentu saja bisa menekan bujet yang jauh lebih banyak. Meski mungkin liburanmu nggak lebih dari sehari alias daycation, liburan efektif semacam ini layak dicoba!

Gunakan Transportasi Umum atau Numpang

Bisa nyetir bukan lantas kamu harus menggunakan kendaraan pribadi. Tiap kota memiliki alat transportasi umum, maka manfaatkanlah! Transportasi umum dijamin bakal jauh lebih murah ketimbang kamu naik kendaraan pribadi dari rumah.

Dalam dunia traveling, numpang kendaraan di jalan bukanlah sesuatu yang aneh. Jadi, perlu dicoba! (Cloudfront)

Ada baiknya kamu milih tempat wisata yang bisa dijangkau transportasi umum, karena pasti bakal memangkas alokasi anggaran. Lebih baik lagi kalau kamu punya teman di kota tujuan. Selain numpang tidur, kamu bisa sekalian minta diantarkan! Ha-ha.

Kalau pun nggak ada kendaraan umum yang menjangkau lokawisata tujuanmu, kamu bisa menyewa kendaraan dari tempat terdekat dari lokasi. Kamu juga bisa memanfaatkan ojol yang bertebaran di banyak kota. Andai nggak ada juga, kamu bisa numpang orang di jalan ala backpacker.

Gimana, gimana, tampak menarik, bukan? Segera ajukan cuti dan kemas tas ranselmu! Mumpung belum peak day, yuk liburan murah meriah kelas mahasiswa! (MG28/E03)