Menikmati Curug Jenggala dari Selfie Deck Berbentuk Hati

Berada di kaki Gunung Slamet, kawasan wisata Baturaden memiliki banyak air terjun yang memesona, salah satunya Curug Jenggala. Curug dengan tiga air terjun yang berjejer melebar ini cocok buat kamu yang ingin melepaskan penatnya kehidupan di perkotaan.

Menikmati Curug Jenggala dari Selfie Deck Berbentuk Hati
Selfie ceck Curug Jenggala. (backpackerjakarta.com)

Inibaru.id – Berwisata ke Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, rasanya nggak lengkap kalau kamu belum menikmati keindahan curug atau air terjunnya. Ada beberapa curug indah di kota yang berada di lereng Gunung Slamet tersebut, mulai dari Curug Bayan, Curug Gedhe, Curug Penganten, dan yang lagi hit banget adalah Curug Jenggala.

Curug Jenggala berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden (Baturraden). Sebelum disebut sebagai Curug Jenggala, air terjun cantik ini bernama Curug Tempuan. Disebut demikian lantaran air terjun itu memang merupakan tempat pertemuan (tempuan) tiga aliran sungai.

Nggak banyak yang mengenal Curug Tempuan karena kala itu belum ada akses menuju ke air terjun tersebut. Namun, kini, mungkin sebagian besar anak muda di Banyumas kenal Curug Jenggala. Satu spot paling menarik di sana adalah keberadaan selfie deck di tempat tersebut.

Terbuat dari papan kayu berbentuk hati dengan latar belakang curug yang sangat memesona, spot berswafoto satu ini memang begitu menarik. Jadi, kalau kamu mengunjungi Curug Jenggala, wajib banget hukumnya untuk berswafoto di spot ini.

Sayang, kendati banyak dikunjungi masyarakat, bahkan pada weekday, objek wisata ini masih terbilang minim fasilitas. Melansir Piknikasik.com, lokawisata tersebut memang menyediakan toilet dan kamar ganti, tapi jumlahnya sangat sedikit. Sebagai wisata air, ini tentu menjadi kendala bagi pengunjung.

Fasilitas lain yang juga terbilang kurang adalah tempat berjualan makanan. Nggak banyak pedagang yang berjualan di sini. Jadi, saran buat kamu yang mau datang ke sini, ada baiknya kamu membawa bekal sendiri.

Lokasi Curug Jenggala masih satu kawasan dengan objek wisata Baturraden, yakni di lahan milik Perhutani KPH Banyumas Timur, sehingga untuk menuju ke curug tersebut saat ini sudah terbilang cukup mudah. Jaraknya pun nggak terlalu jauh, sekitar 30 menit perjalanan berkendara dari Kota Purwokerto, pusat kota Banyumas.

Melajulah ke arah kompleks lokawisata Baturraden, kemudian lanjutkan perjalananmu menuju Curug Bayan, hingga bertemu satu homestay di dekat situ. Nggak jauh dari homestay, kamu akan menemukan jalan kecil menanjak menuju Kalipagu. Biasanya, kamu akan dimintai retribusi sebesar Rp 5 ribu per orang di sekitar portal menuju Curug Jenggala.

Kamu bisa parkir di sekitar rumah warga dengan biaya parkir Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Oya, siapkan fisikmu, karena kamu harus trekking selama 30 menit untuk sampai ke lokasi curug. Jalur trekking masih berupa tanah liat, sehingga akan lebih licin jika hujan. Jadi, ada baiknya kamu memakai alas kaki yang nyaman, misal sepatu atau sandal gunung.

Objek wisata Curug Jenggala ini terbilang masih baru, sehingga kamu masih bisa menikmati curug dengan pohon-pohon rindang yang masih sangat asri. Jadi, jaga baik-baik keasriannya ya, Millens! Jangan kotori objek wisata tersebut dengan sampah-sampah makanan yang kamu bawa! (IB13/E03)