Lebih Nyaman Pandangi Rowo Jombor dari Puncak Bukit Sidoguro Klaten

Lebih Nyaman Pandangi Rowo Jombor dari Puncak Bukit Sidoguro Klaten
Menikmati Rowo Jombor dari ketinggian. (Fiveprime)

Jika dulu Bukit Sidoguro didatangi wisatawan hanya untuk memandangi Rowo Jombor dari atas, kini mungkin ada alasan lain. Pihak terkait telah berbenah dan menjadikan Bukit Sidoguro sebagai destinasi wisata yang mampu bersaing dengan wisata lainnya di Klaten.

Inibaru.id - Terdapat tempat tujuan wisata berupa rawa yang indah dan ramai dikunjungi wisatawan di Klaten. Genangan air yang luas dan tenang dimanfaatkan banyak orang untuk bersantai di tepiannya. Di sana juga jadi tempat yang pas banget untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Nama tempat itu ada Rowo Jombor.

Tapi, kali ini kita nggak mau membahas tempat itu ya, Millens. Yang bakal kita ulas adalah Bukit Sidoguro. Di bukit inilah kita bisa melihat keelokkan Rowo Jombor dari sudut lain, yaitu dari atas. Di puncak bukitnya, Rowo Jombor dapat kita lihat dengan lebih leluasa dan menyeluruh.

Bukit Sidoguro ada di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten. Berada di puncaknya, kamu nggak cuma melihat keindahan Rowo Jombor tapi juga pemandangan apik lainnya, seperti hamparan persawahan, dan rimbunnya pepohonan.

Di puncak bukit itu kamu bakal menemukan sebuah panggung permanen. Jika waktunya tepat, kamu bisa menyaksikan kirab gunungan ketupat pada tradisi Syawalan, lo. Namun selalu waspada dan fokus karena akses menuju ke puncaknya masih berupa jalan setapak.

Tempat yang dikenal juga dengan sebutan Bukit Turis ini memang belum sepopuler wisata lain di Klaten. Sebab itu, sejak tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Klaten berkomitmen membenahi tempat wisata itu. Nantinya kawasan Bukit Sidoguro bakal benar-benar terhubung dengan Rowo Jombor.

Masyarakat setempat juga berupaya menjadikan Bukit Sidoguro menjadi tujuan wisata yang menarik, yaitu dengan menambahkan spot dan wahana gardu pandang di sekitar puncak. Jadi, kamu yang doyan swafoto, jangan khawatir bakal mati gaya, ya.

Wah, bakal semeriah apa bukit ini setelah ada pembenahan di sana sini ya, Millens? Kamu tertarik untuk menengok perkembangannya sekarang? (IB20/E03)