Lebih Dekat dengan Kisah Raja Surakarta di Pura Mangkunegaran

Lebih Dekat dengan Kisah Raja Surakarta di Pura Mangkunegaran
Pura Mangkunegaran Solo. (Pesona.travel)

Di istana megah ini, kamu bisa menyaksikan betapa kayanya raja Jawa masa lalu, lengkap dengan tingginya selera yang mereka miliki.

Inibaru.id – Jika selama ini kamu cukup tertarik mendengar kisah Kerajaan Inggris dengan segala cerita dan kontroversinya, mungkin kamu juga perlu ke Yogyakarta atau Solo, yang masih menyisakan cerita kemegahan raja-raja Jawa masa lalu. Salah satu kisah itu ada di Pura Mangkunegaran.

Perlu kamu tahu, jauh sebelum berdirinya Kesultanan Yogyakarta, Solo sudah memiliki kerajaan besar. Pada masa itu, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I mendirikan Praja Mangkunegaran atau Kerajaan Mangkunegaran di Kota Surakarta.

Wilayah kekuasaan Mangkunegaran terbentang meliputi daerah Sragen, Karanganyar, dan Imogiri. Nah, pusat pemerintahaan Praja Mangkuneragan berlokasi di sebelah selatan Kali Pepe, yang kini disebut Pura Mangkunegaran.

Kerajaan ini diakui secara resmi melalui perjanjian Salatiga pada 1757. Pura Mangkunegaran tampak seperti bangunan pada zaman penjajahan Belanda.

Berkunjunglah ke sini, maka kamu akan menyaksikan indahnya istana Kerajaan Mangkunegaran yang berarsitektur Jawa-Eropa pada bagian interiornya.

Pura Mangkunegaraan berada di lokasi strategis di Kota Solo. Jadi, begitu tiba di Kota Budaya tersebut, kamu tinggal buka aplikasi peta, dijamin nggak bakal kesasar! Kamu bisa naik ojol, becak, atau taksi menuju tempat ini. Praktis, bukan? (IB20/E03)

Tags :