Kutabawa Flower Garden, Miniatur Dubai Miracle Garden dari Purbalingga

Kutabawa Flower Garden, Miniatur Dubai Miracle Garden dari Purbalingga
Kutabawa Flower Garden. (Datawisata)

Selain bisa menikmati keindahan bunga-bunga sembari memandang Gunung Slamet yang menjulang tinggi, kamu juga bisa membeli bibit bunga yang telah diletakkan di po-pot kecil

Inibaru.id - Jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan ditutup per 10 Januari 2019. Kabar ini tentu mengecewakan para pendaki, karena jalur yang ada di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga itu merupakan yang paling populer dan mudah dilalui.

Namun, tenang, kamu masih bisa kok menikmati wisata alam berupa taman bunga yang belakangan mulai dikenal masyarakat. Yap, Kutabawa Flower Garden namanya.

Kutabawa Flower Garden dilihat dari atas. (Instagram/ @wsndrone)

Kutabawa Flower Garden berlokasi nggak jauh dari Pos Pendakian Bambangan. Berawal dari media sosial, taman bunga yang berjarak 24 kilometer dari pusat kota itu memang mulai dikenal en banyak dikunjungi wisatawan.

Tempatnya yang sejuk khas pegunungan dipenuhi bunga warna-warni memang menjadikan taman bunga ini begitu dinikmati masyarakat. Nggak cuma warga setempat, pengunjungnya juga datang dari berbagai wilayah di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Dikutip dari Travelingyuk, nggak kurang dari 18 jenis bunga ditanam di Kutabawa Flower Garden. Bunga-bunga tersebut ditanam dengan penataan yang apik di atas lahan berundak-undak.

Kutabawa Flower Garden. (Youtube)

Dedy Kurniawan, sang pemilik, mengaku mendatangkan bibit bunga langsung dari Bandung. Dia bahkan mengatakan sempat melakukan studi banding ke Taman Begonia, Bandung.

Upaya studi banding itu membuahkan hasil. Kini, sekurangnya 400 pengunjung bertandang setiap hari. Yap, dengan tarif Rp 5.000 sebagai tiket masuk, siapa yang nggak tertarik untuk datang ke sini?

Banyak Spot Selfie

Keindahan Kutabawa Flower Garden sudah terlihat begitu kamu berjalan memasuki taman ini. Sisi barat taman sengaja dibuat lebih tinggi dari pintu masuk agar keindahan bunga-bunga tersebut bisa langsung terlihat. Maka, bersiap-siaplah dengan kamera atau ponsel pintarmu.

Kutabawa Flower Garden. (datawisata)

Berada di sini kamu dijamin bakal nggak sempat meletakkan kamera, karena berbagai spot foto menarik siap menyambutmu. Latar bunga warna-warni tentu bakal memperindah sesi swafotomu. Atau, kalau beruntung kamu juga bisa menikmati keindahan Gunung Slamet dari taman tersebut.

Oya, selain refreshing dan berswafoto, kamu juga bisa belajar berbagai jenis bunga di sini. Kalau pengin kasih oleh-oleh gebetanmu berupa bunga-bunga cantik di atas pot, kamu juga bisa membelinya di tempat itu.

Pengin beli sayur dan buah segar? Tenang, bakal banyak penjual buah dan sayur di sekitar taman. Jadi, tinggal pilih, tapi jangan lupa bayar ya! Ha-ha. (IB20/E05)