Kuning dan Hijau Mendominasi Pendopo Ageng PuraMangkunegaran

Kuning dan Hijau Mendominasi Pendopo Ageng PuraMangkunegaran
Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran. (Flickr)

Di Istana Mangkunegaran, Pendopo Ageng selalu menjadi daya tarik tersendiri. Selain karena ukurannya yang luar biasa besar, pendopo tersebut juga mudah dikenali dengan warnanya yang didominasi warna kuning dan hijau. Apa maknanya?

Inibaru.id – Kamu yang pernah berkunjung ke Pura Mangkunegaran mungkin pernah bertanya, kenapa warna hijau dan kuning mendominasi Pendopo Ageng? Ternyata, ini karena warna yang disebut pari anom tersebut adalah warna khas keluarga Mangkunegaran.

Pendopo Ageng memang menjadi bagian krusial di istana Kerajaan Mangkunegaran yang ada di pusat Kota Solo tersebut. Dengan luas 3.500 meter persegi, tempat tersebut dipercaya mampu menampung 10 ribu orang.

Digunakan untuk berlatih menari juga. (Puromangkunegaran)
Digunakan untuk berlatih menari juga. (Puromangkunegaran)

Nggak hanya dari segi kapasitas, Pendopo Ageng juga menarik dari segi interior. Selain warnanya yang didominasi kuning dan hijau, pada langit-langit pendopo kamu juga bisa melihat astrologi Hindu-Jawa. Pada astrologi tersebut, lampu-lampu antik tergantung.

Begitu masuk ke dalam pendopo, suasana Jawa masa lalu begitu kental terasa. Oya, di sana, kamu bisa melihat langsung tiga set gamelan “keramat” yang konon dua di antaranya hanya dimainkan pada upacara tertentu. Ketiganya adalah Lipur Sari, Kyai Seton, dan Kyai Kanyut Mesem.

Ornamen yang megah di langit-langit pendopo. (Flickr)
Ornamen yang megah di langit-langit pendopo. (Flickr)

Hanya dengan melihat pendopo ini saja kamu bakal tahu, betapa kayanya raja Jawa zaman dahulu. Hm, jadi nggak perlu mengagumi Kerajaan Inggris, karena Kerajaan Jawa, dan juga kerajaan lain di Indonesia, nggak kalah megah dan menarik untuk ditelisik. (IB20/E03)