Usir Takut Naik Pesawat Lewat Langkah-Langkah Ini

Usir Takut Naik Pesawat Lewat Langkah-Langkah Ini
Cara mengusir rasa takut naik pesawat. (Shutterstock/Ditty About Summer)

Rasa takut naik pesawat bukanlah hal yang sulit untuk diatasi. Beberapa tips ini bisa kamu coba untuk mengatasi rasa takutmu.

Inibaru.id – Peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 pada Senin (29/10/2018) menambah rentetan kasus pesawat jatuh di Indonesia. Bagi sebagian orang, peristiwa-peristiwa semacam itu menimbulkan rasa takut tersendiri. Rasa was-was yang berlebih juga akan menghantui penumpang pesawat yang melakukan penerbangan beberapa hari setelah kejadian.

Selain karena kecelakaan, rasa takut juga bisa timbul karena seseorang belum pernah naik pesawat. Penerbangan pertama biasanya akan menjadi pengalaman yang menegangkan. Kalau sudah begitu, kamu perlu mengusir rasa takutmu agar perjalananmu tenang.

Nah, untuk mengusir rasa takut naik pesawat, cobalah beberapa tips di bawah ini.

Cari Pengetahuan Seputar Pesawat

 

Ilustrasi pesawat yang terbang. (Telegraph)

Bila ini penerbangan pertamamu, akan sangat wajar kalau kamu merasa takut. Beberapa pertanyaan juga pasti muncul karena kamu belum pernah merasakan naik pesawat. Nah, tips pertama ini bisa kamu lakukan untuk mengetahui tentang bagaimana pesawat bekerja, pelajari fungsinya saat lepas landas dan mendarat, apa yang terjadi selama penerbangan, tindakan pengamanan, dan sebagainya.

Menurut NBC News, pesawat adalah alat transportasi kedua yang paling aman untuk mengantarkan manusia berpindah tempat. Bisa dibilang, perhitungan seseorang terkena insiden pesawat adalah 1:11 juta orang. Pilot juga pasti sudah dibekali dengan segala macam teknik dan pengetahuan tentang penerbangan.

Pesanlah Kursi di Bagian Depan

Memilih kursi bagian depan. (Pegipegi.com)

Bukan hal yang asing bila suatu saat kamu akan merasakan sedikit guncangan atau turbulensi ringan saat berada di dalam pesawat. Turbulensi ini akan sangat terasa jika duduk di bangku barisan belakang. Untuk itu, ada baiknya kamu memesan bangku di bagian depan untuk mengurangi risiko merasakan guncangan yang hebat.

Jangan Sembunyikan Rasa Takutmu

Memberi tahu ke pramugari dan penumpang di sebelah kalau kamu takut adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan. (Businessmagazin)

Bagi sebagian orang, menyembunyikan rasa takut bukanlah hal yang mudah. Untuk itu, lebih baik jangan sembunyikan. Bicaralah dengan kru kabin yang bertugas dan kepada penumpang di sebelahmu bila kamu takut. Kru kabin atau pramugari dilatih untuk menghadapi hal ini. Selain itu, dukungan dari penumpang di sebelahmu juga akan membantumu mengalihkan perhatian.

Ketika Rasa Takut Datang, Alihkan Perhatianmu ke Hal Lain

Tidur saat perjalanan. (Shutterstock)

Jika rasa takut datang saat penerbangan berlangsung, tenangkan dirimu dan cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam. Ada baiknya kamu mengalihkan rasa takutmu dengan melakukan suatu pekerjaan. Kamu bisa membaca buku, menonton film, mendengarkan musik, makan, atau tidur untuk melupakan sejenak rasa takutmu.

Lakukan hal-hal menyenangkan yang kamu sukai agar pikiranmu selalu tenang. Namun, pastikan nggak sampai mengganggu penumpang lain, ya.

Nikmatilah Perjalananmu dengan Berpikir Positif

Berpikir positif selama penerbangan. (Worldwarwings.com)

Nggak semua orang bisa merasakan naik pesawat. Karena itu, bersyukurlah karena kamu berkesempatan menjajal transportasi udara itu. Bila ini penerbangan pertama, kamu juga bisa mengenali asumsi apa saja yang sebelumnya terpikirkan. Kamu bisa melihat awan dari jarak dekat dan melihat birunya langit di sisi kanan atau kirimu. Kamu juga bisa membayangkan kebahagiaan saat sampai di tempat tujuanmu nanti.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi rasa takut saat naik pesawat. Kalau kamu punya kiat lain, yuk bagikan di kolom komentar! (IB07/E04)