Kembali ke Desa Asli di Jateng, Kembali ke Desa Wisata Candirejo

Kembali ke Desa Asli di Jateng, Kembali ke Desa Wisata Candirejo
Bangunan Jawa kuno dan delman menjadi dua hal yang "njawani" di Candirejo. (Warung Wisata)

Menyambangi Desa Candirejo seperti menilik miniatur kehidupan masyarakat Jawa tempo dulu. Keindahan alam, tradisi budaya, hingga keramahan warganya, menjadi magnet yang membuat kita enggan pulang.

Inibaru.id - Desa Panglipuran menjadi salah satu desa wisata (dewi) yang banyak diminati traveler lantaran menggambarkan keaslian Bali, mulai dari segi bangunan, budaya, hingga kehidupan sosial warganya. Nah, di Jawa Tengah, suasana yang menggambarkan desa khas Jawa bisa kamu temukan di Desa Candirejo, Magelang.

Berada nggak jauh dari Candi Borobudur, desa itu semula merupakan lokasi transit menginap para wisatawan. Lantaran terus direkomendasikan, tempat tersebut malah menjadi lokawisata sendiri, hingga menjadikan Candirejo sebagai sebuah desa wisata.

Desa Candirejo menempati area seluas 365 hektare dengan 60 persen lahannya berupa pertanian, 20 persen hutan liar, dan sisanya untuk pemukiman warga. Suasana asri dan alami khas pedesaan di sana begitu menawan. Ini masih ditambah wisata budaya dan agrowisata yang mereka miliki.

Desa Candirejo. (Inatanaya)

Jawa yang dikenal dengan sejarah dan tradisinya yang kental bisa kamu temukan di sini, misalnya tradisi nyadran, jathilan, kubrosiswo, dan lain-lain. Terus, ada pula situs-situs mengagumkan seperti Toyo Asin, Watu Tumbak, Watu Kendil, Tempuran Kali Progo, dan Pabelan.

Di tengah modernitas yang juga menjangkiti pedesaan, mungkin Candirejo adalah sedikit wilayah yang masih bertahan dengan adat, cara, dan budaya Jawa-nya. Ini tentu bagus, karena kamu bisa melihat gambaran kebiasaan masyarakat Jawa zaman dulu di sini.

Untuk menginap di Desa Candirejo, kamu bisa menggunakan homestay yang diinisiasi warga. Tak kurang dari 20 rumah penduduk telah digunakan sebagai homestay. Selain menginap, kamu juga bisa mengikuti kegiatan tempat yang kamu inapi, lo.

Sangat khas pedesaan. (Kitamuda)

Sementara, kalau pengin mengelilingi desa, kamu bisa berjalan kaki, menyewa sepeda, atau naik delman. Pokoknya tanpa gas pembuangan!

So, jika ingin menginap, lebih baik kamu menghubungi Koperasi Desa Candirejo untuk memastikan ketersediaan homestay ya, Millens! Selamat berlibur! (IB20/E03)