Telaga Claket, Ranu Kumbolo-nya Wonogiri

Telaga Claket, Ranu Kumbolo-nya Wonogiri
Telaga Claket, Wonogiri (okezone.com)

Telaga berair tenang dengan latar perbukitan hijau akan menyambutmu kalau kamu berkunjung ke sini. Telaga Claket namanya. Seperti apa keindahannya?

Inibaru.id - Siapa yang nggak kenal dengan Ranu Kumbolo? Bagi Sobat Millens yang suka mendaki, tentu nama tersebut sudah akrab di telinga. Berada di kawasan Gunung Semeru, telaga itu terkenal akan keindahan danaunya dengan Tanjakan Cinta dan Oro Oro Ombo, serta bunga Verbena yang begitu indah.

Nah, buat kamu yang tinggal di Jawa Tengah, "sensasi Ranu Kumbolo" juga bisa kamu temui di Telaga Claket yang berada di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Telaga yang juga biasa disebut Claket Riverside itu memang dikenal sebagai Ranu Kumbolo-nya Wonogiri.

Telaga Claket. (travelingyuk.com)

Julukan tersebut bukannya tanpa alasan. Posisinya yang berdekatan dengan bukit sekilas memang mirip dengan Ranu Kumbolo. Mengutip travelingyuk.com, Telaga Claket membentang selebar sekitar satu hektare di bawah Bukit Widodari.

Menyuguhkan pemandangan danau yang berpadu dengan bukit hijau di sekelilingnya, telaga tersebut sungguh memukau dan memanjakan mata. Udaranya yang sejuk dengan suasana hening menjadikan Telaga Claket sangat cocok untuk relaksasi. Plus, kamu juga bisa mendapatkan spot foto berlatar instagramabel di tempat ini.

Telaga Claket. (Instagram.com/eira_arie432)

Selain menikmati keindahan telaga di pinggir atau berperahu mengelilingi telaga, kamu juga bisa berwisata agro di Telaga Claket. Kompleks wisata yang buka sejak 2007 itu juga memiliki beberapa kolam ikan berukuran sedang dan peternakan kambing yang bisa kamu tonton sembari jalan-jalan.

Telaga Claket berada di dekat Bendungan Colo, yang berjarak sekitar satu jam perjalanan berkendara dari Solo, atau 20 menit dari Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo. Sesampainya di sana, kamu cuma akan dikenai tarif sebesar Rp 5.000 per orang sebagai tiket masuk, serta biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 3.000 untuk mobil. Cukup murah bukan?

Pre-wedding di Telaga Claket. (Instagram.com/rosita_noor_rahma)

Yuk, habiskan sisa liburanmu di Telaga Claket, Millens! (IB05/E03)