Nikmati Sensasi Tiga Curug dalam Satu Tempat di Curug Telu Baturraden

Berbeda dengan air terjun kebanyakan, di Curug Telu Baturraden ini kamu bisa menemukan tiga air terjun sekaligus di dalam satu tempat. Hm, unik!

Nikmati Sensasi Tiga Curug dalam Satu Tempat di Curug Telu Baturraden
Curug Telu Baturraden. (Jatengprov)

Inibaru.id – Berlibur di Baturraden, Banyumas memang nggak cukup sehari bila pengin menjelajahi semua tempat wisata di sana. Namun, kalau kamu cuma pengin melepas penat, pergi ke curug-curug di Baturraden sudah cukup, kok. Salah satu yang favorit adalah Curug Telu.

Oh iya, curug yang berada di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas ini berbeda dari curug kebanyakan, lo. Di Curug Telu, kamu akan menemukan tiga curug sekaligus dalam satu tempat. Ini sesuai dengan kata telu yang dalam bahasa Jawa berarti tiga. Ketiga air terjun itu mengalir di antara hijaunya dedaunan yang menempel di batuan penyangga.

Berlokasi di bawah kaki Gunung Slamet, Banyumas, air terjun ini diselimuti hawa yang sejuk. Di curug itu, kamu nggak cuma bisa menikmati pemandangan alamnya saja. Kamu juga bisa berenang dan berendam di kolam di bawah air terjun yang jernih.

Ketinggian air terjun yang hanya sekitar 10 meter juga membuat debit air yang jatuh nggak terlalu deras. Kolam di bawahnya juga nggak begitu dalam, Millens. Di sekitar aliran air dari Curug Telu terdapat batu-batu besar yang berserakan, cocok buat berswafoto ala petualang ulung. Ha-ha.

Kalau bajumu basah lantaran bermain air, nggak perlu risau. Di sekitar curug, sudah disediakan fasilitas untuk pengunjung seperti toilet dan ruang ganti yang bisa kamu manfaatkan untuk ganti baju. Selain toilet dan ruang ganti, ada pula sejumlah warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

Untuk menikmati wisata ini, kamu hanya perlu membayar Rp 3 ribu per orang. Kalau kamu menggunakan motor menuju ke sana, ada biaya tambahan yakni biaya parkir sebesar Rp2 ribu per motor.  

Curug Telu bisa diakses dari bebrapa rute. Bila kamu dari Lokawisata Baturraden, berjalanlah menuju depan hotel Queen Garden kemudian turun ke selatan sekitar 1 kilometer.

Jika kamu dari pusat Kota Purwokerto, jalan saja ke arah Baturraden. Sebelum Gerbang Mandala, ada pertigaan kemudian belok kanan hingga bertemu pertigaan SD Kemutug Kidul, setelah itu lalu belok kanan. Ikuti penunjuk arah ke Kotayasa atau Sumbang. Lalu di pertigaan, belok kiri ke arah Karangsalam. Ikuti jalan itu hingga bertemu pertigaan masjid. Lanjutkan perjalananmu ke arah Munggansari atau Lok, Baturraden hingga bertemu Gerbang Curug Telu. Setelah itu, ikuti penunjuk arah yang ada, ya.

Kalau nggak pengin nyasar, ikuti saja rute yang tertera di Google Maps, Millens. He-he. Kuylah, segera agendakan jalan-jalan ke Curug Telu! (IB07/E04)