Keheningan dalam Keindahan di Telaga Rawa Gede

Bogor memiliki banyak destinasi wisata alam. Salah satunya Telaga Rawa Gede. Meski belum banyak dikenal orang, keindahan alamnya keren tingkat dewa.

Keheningan dalam Keindahan di Telaga Rawa Gede
Telaga Rawa Gede (kompas.com)

Inibaru.id –  Terkenal sebagai Kota Hujan, Bogor memiliki banyak wisata alam. Wajar saja bahwa banyak wisatawan yang memilih Bogor sebagai salah satu destinasi berlibur.

Nah, jika Sobat Millens berencana untuk berlibur ke Bogor, nggak ada salahnya mencoba datang ke Telaga Rawa Gede. Di jamin deh, suasana danau yang indah  dan penuh ketenangan bakal membuat kamu bisa sejenak melupakan kepenatan aktivitas harian yang membosankan.

Mengutip Kompas.com (21/1/2018), Telaga Rawa Gede berada di Desa Sinar Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Merupakan danau alami, telaga itu dikelilingi perbukitan, sawah dan curug yang ada di kawasan Sukamakmur. Dahulu, telaga ini menjadi pusat aktivitas warga desa. Mulai dari mencari ikan, rekreasi, berenang dan menjadi tempat berkumpul.

Kenapa dinamakan Telaga Rawa Gede? Pemberian nama tersebut karena lokasinya yang besar dan dahulunya merupakan rawa. Bahkan sampai sekarang, di tengah danau masih terlihat rawa-rawa unik yang membentuk pulau.

Berkunjung ke Telaga Rawa Gede, kamu akan merasa seperti berada di puncak. Ini karena suasana di telaga sangatlah sejuk, ditambah lagi dengan dinginnya angin yang berembus. Sejauh mata memandang di sekeliling telaga, kamu akan mendapati pepohonan hijau, sawah yang ditanami sayuran, air terjun kecil hingga warna-warni pepohonan yang ditanam warga.

Baca juga:
Meleura, Surga Tersembunyi di Tenggara Pulau Celebes
Bersepi-sepi di Pantai Liang Ambon

Untuk memasuki kawasan telaga, kamu cukup membayar tiket Rp 10 ribu per orang dan Rp 5 ribu per motor. Dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Telaga Rawa Gede. Selain bersantai di tepi danau yang tenang, kamu juga bisa mengarungi danau dengan kapal motor. Cukup membayar Rp 10 ribu per orang untuk sekitar 25 menit perjalanan. Selama itu pula kamu bisa mengitari danau termasuk pulau-pulau rawa kecil di tengah danau.

Nah, sembari mengelilingi danau, kamu bisa memberi makan ikan-ikan di sana. Atau kalau kamu hobi mancing, bisa juga memancing di danau dengan alat pancing yang kamu bawa sendiri. Untuk pakan ikan atau umpannya, kamu bisa membeli di warung-warung sekitar danau dengan harga mulai Rp 3 ribu - Rp 5 ribu.

Ingin berenang sambil menikmati pemandangan telaga? Kamu juga bisa melakukannya, lo. Eits, tapi bukan di danaunya melainkan di kolam bawah curug kecil yang berada sisi telaga. Airnya yang dingin dan segar berasal dari pegunungan Puncak Bogor.

Lebih seru lagi, kamu juga bisa berkemah di Telaga Rawa Gede. Kamu hanya perlu membawa peralatan sendiri. Dikenakan biaya berkemah sebesar Rp 15 ribu per tenda dan Rp 7 ribu per orang, kamu bisa mendapatkan aktivitas berkemah yang mengasyikkan.

Yang lebih menarik, kawasan yang dikelola Karang Taruna Desa Sinar Jaya itu juga memiliki beberapa spot berswafoto bagi pengunjung. Salah satunya taman bunga. Tentunya selain itu ada banyak sudut menarik sebagai latar berfoto.

Jadi buat kamu anak zaman now yang hobi berswafoto, nggak perlu bingung mencari spot foto yang kece.

Tertarik untuk berkunjung ke ke Telaga Rawa Gede? Jika iya, dari Jakarta kamu bisa melalui tol Jagorawi, masuk Citereup, lalu ke Sukamakmur dengan lama perjalanan sekitar dua jam. Namun jika dari Bogor bisa dijangkau dua jam perjalanan lewat Sentul, Jonggol dan Cimahpar, lalu ke Citereup dan Sukamakmur.

Baca juga:
Pelesiran ke "Zaman Old" di Kampung Primitif
Pantai Wediombo, Surga untuk Peselancar

Satu lagi akses yang lebih dekat menuju lokawisata ini ialah dari Cipanas Puncak, Kabupaten Cianjur. Dari Kawasan Wisata Kota Bunga, tinggal menelusuri jalan alternatif menuju Jonggol dan Jakarta. Jalan tersebut akan melewati Kecamatan Suka Makmur, lalu kamu tinggal masuk ke Desa Sirna Jaya, sebelum masuk kawasan Telaga Rawa Gede. Jalan berliku-liku, tapi kamu nggak perlu khawatir karena jalannya sudah diaspal dan dibeton.

Baru mulai dibangun dan beroperasi sejak akhir 2014, pengunjung Telaga Rawa Gede terbilang sepi. Apalagi jika dibandingkan dengan destinasi wisata Bogor lainnya yang lebih mudah di jangkau. Namun justru karena itulah, keheningan di tengah keindahan alam Telaga Rawa Gede menjadi daya tarik tersendiri. Cocok buat kamu yang ingin bersantai mencari ketenangan. (ALE/SA)