Kegiatan yang Bisa Kamu Coba Selama Liburan 'Cabut Kabel'

Kegiatan yang Bisa Kamu Coba Selama Liburan 'Cabut Kabel'
Membaca buku bisa kamu lakukan saat liburan "cabut kabel". (smartertravel)

“Ini bulan tanpa telepon seluler. Pengalaman yang paling menyegarkan, menenangkan, meremajakan. Sekarang saya jarang memegang ponsel,” kata Selena Gomez.

Inibaru.id - Petikan di atas adalah testimoni asli yang diungkapkan Selena Gomez ketika dirinya melakukan detoks digital pada September 2016. Penyanyi idola anak muda itu nggak berhubungan dengan gawainya selama tiga bulan, lo. Nah, kalau yang artis kelas dunia saja bisa, kenapa kita nggak?

Kamu nggak perlu khawatir bakal kehilangan gaya jika “putus” sejenak dengan gawai. Kamu bisa "cabut kabel" lalu traveling tanpa gawai. Banyak kegiatan berfaedah yang efektif mengembalikan kepekaan sosialmu di dunia nyata, kok.

Kegiatan-kegiatan selama liburan detoks digital ini juga bisa membuatmu tersadar betapa lingkungan sekitar nggak kalah asyik untuk diselami. Apa saja kegiatan itu?

Membaca Buku

Membaca buku memberikan segudang manfaat. Selain menambah wawasan dan membuatmu berpikir terbuka, membaca mampu mengembalikan mood, lo. Nggak hanya itu, kegemaran membaca juga bisa membuat kamu memiliki kepedulian sosial atau rasa empati yang tinggi.

Belanja ke Pasar Tradisional

Datang ke pasar tradisional otomatis menuntutmu untuk berinteraksi dengan orang-orang yang ada di situ. Kamu akan bertanya bahkan menawar harga dengan penjual. Nah, bersosialisasi dengan siapa saja di pasar inilah yang merupakan terapi.

Mengobrol dengan Warga Setempat

Kapan kali terakhir kamu berbincang-bincang dengan tetangga? Semoga nggak pas Lebaran tahun lalu, ya? Mulailah membuka obrolan dengan warga lokal selama liburan, karena ada sebuah penelitian yang menyatakan, seseorang yang ramah dengan masyarakat sekitar bakal mampu menghadapi krisis ketika terjadi musibah.

Banyak yang sudah merasakan serunya jalan-jalan tanpa membawa ponsel, kok. Nggak perlu memotret, merekam, mencatat, navigasi, apalagi update ke media sosial.

Tanpa gawai saat traveling membuatmu merasa benar-benar ada di momentum itu. Kamu bakal merasakan dirimu secara total, bukan sekadar fragmen-fragmen dalam akun chatting atau media sosial.

Millens, masih banyak lagi aktivitas yang bisa kamu lakukan saat melakukan liburan "cabut kabel". Semua terserah kamu dan bergantung pada kegemaranmu. Selamat mencoba, ya! (IB20/E03)