Kedung Bening, Kemolekan Martvili Canyon Versi Mini dari Pemalang

Kedung Bening, Kemolekan Martvili Canyon Versi Mini dari Pemalang
Kedung Bening di Kecamatan Watukumpul, Pemalang. (Wartadesa)

Berjarak sekitar 40-an kilometer ke arah selatan dari Kabupaten Pemalang, lokawisata alam ini menawarkan kesejukan ceruk alami berair jernih kehijauan yang dikelilingi dinding batu menjulang. Mirip Martvili Canyon di Georgia, tapi versi mininya!

Inibaru.id – Jauh dari ingar-bingar modernitas kota, udara segar di mana-mana, dan bisa berdekatan dengan alam sepuas-puasnya, begitulah seharusnya liburan. Nah, buat sobat Millens yang pengin berakhir pekan di tempat seperti itu, Kedung Bening Pemalang mungkin bisa kamu jadikan pilihan.

Berlokasi di Desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, lokawisata alam ini sungguh sayang untuk kamu lewatkan jika kebetulan melintas di jalur pantura Jawa Tengah. Kedung Bening cukup asyik untuk sekadar berswafoto atau berpuas-puas bermain air.

Abadikan momen di Kedung Bening dengan latar dinding batu menjulang. (Instagram/anisakharismatika)

Kamu yang pengin banget ke Martvili Canyon di Georgia yang terkenal itu, mungkin bisa memulainya dari sini. Bayangkan, ngarai dengan tebing-tebing batu nan tinggi mengelilingi kedung jernih kehijauan yang kontras, hmm, sungguh menyegarkan!

Oya, konon, Kedung Bening terbentuk dari proses erosi bebatuan sehingga membentuk cekungan lebar. Erosi terjadi karena bebatuan itu ditingkah air sungai dan hujan secara terus-menerus.

Puas-puasin berfoto di Kedung Bening. (Instagram/zulfeelatos)

Nah, pada musim kemarau, debit air yang menurun mengakibatkan air terperangkap dalam cekungan sehingga membentuk semacam telaga. Air bening di dalamnya kemudian berubah warna menjadi kehijauan karena pengaruh reaksi mineral di dalamnya. Proses alam yang menarik!

Kedung Bening. (Instagram/inakarinshop)

Tak perlu menunggu waktu lama, saatnya berenang! Puaskan hasratmu menikmati air sejuk di sana. Jangan lupa pula abadikan lekukan dinding batu yang berpadu dengan air jernih di bawahnya menggunakan ponsel pintar atau kameramu, Millens!

Belum puas hanya bermain air atau berswafoto? Saatnya pacu adrenalin dengan melompat dari ketinggian. Nggak perlu takut, aman, kok, asalkan tetap berhati-hati dan pastikan dinding batu yang kamu pijak untuk melompat nggak gerak dan air di bawahnya cukup dalam.

Bermain air di Kedung Bening. (Instagram/irene.korompis)

Tertarik? Dikutip dari Wartadesa (7/7/2018), untuk mencapai Kedung Bening kamu bisa menggunakan dua pilihan rute berikut:  

Pertama, via Comal-Bodeh-Watukumpul. Kamu yang berangkat dari Semarang, beloklah ke kiri menjelang pertigaan Blandong, Kecamatan Comal, Pemalang. Setelah tiba di Polsek Kecamatan Bodeh, ada pertigaan. Ambil jalur ke kiri menuju Kecamatan Watukumpul dan terus ikuti jalan sampai Desa Majalangu.

Kedua, via Pemalang-Randudongkal-Moga-Watukumpul. Kalau kamu sudah di Alun-alun Pemalang, melajulah ke arah Purwokerto lewat Jalan A Yani hingga tiba di Pasar Moga. Dari situ ke timur hingga tiba di perempatan Pasar Pulosari, lurus saja hingga Kecamatan Watukumpul.

Kedung Bening. (Instagram/ziakhaidilsuffi)

Butuh kerja keras untuk mencapai Kedung Bening, tapi tempat ini worth-to-try banget, kok. Jadi, nggak bakal nyesel. Eh, tapi bakal nyesel deh kalau kamu nggak bawa bekal sendiri, karena pilihan makanan di lokawisata itu cukup terbatas.

Belakangan, Kedung Bening memang menjadi buah bibir di kalangan traveler, nggak hanya yang dari Pemalang, tapi juga dari mana-mana. Maka, kalau ada waktu, berkunjunglah di luar akhir pekan untuk menghindari keramaian. Eits, tapi jangan bolos kerja atau sekolah, ya! He-he.

Ah, udah, nggak usah bertele-tele! Pakai ranselmu dan kencangkan tali sepatumu, lalu segeralah melaju! Ups, tapi ini kan masih musim penghujan, ya? Simpan buat referensi dulu, deh, tunggu musim kemarau tiba! Ha-ha. (IB20/E04)