Grojogan Klenting Kuning untuk Libur Panjangmu dengan Keluarga

Tenang dan nggak perlu menempuh perjalanan yang sulit, Grojogan Klenting Kuning bakal cocok untuk liburanmu bersama keluarga di akhir pekan panjang yang segera menjelang. Di mana tempatnya?

Grojogan Klenting Kuning untuk Libur Panjangmu dengan Keluarga
Grojogan Klenting Kuning, surga tersembunyi di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Semarang. (Inibaru.id/ Hayyina Hilal)

Inibaru.id – Hey, Millens, sudah tahu mau ke mana liburanmu kali ini? Kalau belum, buat kamu yang tinggal di sekitar Semarang, piknik ke wisata air terjun satu ini mungkin bisa menjadi pilihan. Grojogan Klenting namanya. Terletak di lereng sisi barat Gunung Ungaran dengan udara yang asri, curug (air terjun) satu ini dijamin akan membuat hati siapapun lebih tenang.

Selain menyajikan suasana yang menenangkan hati dan mata, keindahan Grojogan Klenting Kuning terletak pada dinding tebing yang berwarna kuning sehingga seolah airnya juga berwarna kuning. Unik? Tentu saja. Karena alasan ini pula grojogan tersebut dinamai Klenting Kuning.

Diresmikan Bupati Semarang Mundjirin pada 2013 silam, Grojogan Klenting Kuning merupakan salah satu destinasi wisata menarik baru di Kabupaten Semarang yang mungkin perlu kamu tahu. Air terjun ini terletak di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang.

Akses menuju Grojogan Klenting Kuning tidaklah sulit, Millens. Dari Terminal Sumowono, Grojogan Klenting Kuning hanya berjarak sekitar 3 kilometer. Sepanjang jalan juga banyak penunjuk jalan yang bakal menuntunmu ke lokasi. Jadi, nggak perlu takut tersesat deh.

Grojogan Klenting Kuning buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Nah, buat kamu yang butuh suasana sepi untuk menenangkan diri atau menggalau, datanglah pada hari kerja. Suasana di sana memang agak lengang pada hari-hari itu. Pengunjung yang kebanyakan adalah rombongan keluarga memang biasanya memilih berlibur pada akhir pekan.

 

 

gerbangmasuk GrojokanKlentingKuning

Pintu masuk ke perairan Klenting Kuning Grojogan. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Dengan harga tiket masuk yang begitu terjangkau, yakni Rp 5.000, Grojogan Klenting Kuning tentu bakal menarik pengunjung dari pelbagai kalangan. Namun, jangan berharap fasilitas yang begitu besar kalau kamu mengunjungi lokasi wisata yang terbilang tenang ini. 

Baca juga:
Kesejukan Telaga Air Cempaka, Tegal
Ke Borobudur? Jangan Lewatkan Berkunjung Ke Objek Wisata Alternatif di Sekitarnya

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Klenting Kuning, Pujiono, mengatakan, grojogan tersebut memang murni dikelola warga setempat atas dasar pelestarian alam. Biaya mengelola tempat wisata ini hanyalah berasal dari donasi para pengunjung. Inilah yang membuat fasilitas Grojogan Klenting Kuning belum bisa maksimal.

Tiga Grojogan

Grojogan Klenting Kuning hanyalah satu dari beberapa air terjun berdinding keemasan di lokasi wisata tersebut. Sekurangnya ada tiga air terjun di lokasi tersebut, kendati hanya dua yang menonjol. Grojogan Klenting Kuning paling dikenal lantaran ukuran air terjunnya paling lebar dan grojogan-nya yang paling tinggi, yakni antara 8-10 meter, dengan arus yang deras.

Satu grojogan lain yang cukup terkenal adalah Grojogan Klenting Biru yang juga cukup sering dikunjungi wisatawan. Air terjun ini lebih pendek, hanya setinggi nggak lebih dari 5 meter.

Kendati cukup sepi di luar hari libur, Grojogan Klenting Kuning acap kali dikunjungi anak-anak SD yang "belajar" mengenal air. Supinah, penduduk setempat sekaligus pembina anak-anak SD, mengaku sering mengajak anak-anak belajar mengenal air. Selain aman, Supinah mengaku, kondisi air yang masih bersih juga dianggapnya baik untuk anak-anak.

“Ya, ini sangat baik untuk pembelajaran anak-anak SD. Fasilitas di sini juga mulai berkembang,” terangnya.

fasilitasbermaindalamobjwisata

Fasilitas permainan yang ada dalam objek wisata. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Baca juga:
Ketika Kampung Jadi Tempat Piknik di Solo
Ayo Piknik ke Kota Seribu Curug di Purbalingga

Gimana, Millens, kira-kira bisa untuk dijadikan referensi destinasi wisata akhir pekan panjangmu kali ini nggak? Buruan deh persiapkan dirimu, dan selamat berlibur! (HH/GIL)