Tambah Wawasan tentang Tumbuhan di Kebun Raya Indrokilo Boyolali

Kebun Raya Indrokilo di Boyolali disulap menjadi tempat wisata baru yang ciamik. Kebun ini bakal dijadikan lokasi konservasi tumbuhan, edukasi lingkungan, dan rekreasi masyarakat, lo.

Tambah Wawasan tentang Tumbuhan di Kebun Raya Indrokilo Boyolali
Kebun Raya Indrokilo, Boyolali. (Jolygram/dolanboyolali)

Inibaru.id – Kabupaten Boyolali bakal punya tempat wisata baru nih, Millens. Tempat wisata itu adalah Kebun Raya Indrokilo yang berada di Kemiri, Mojosongo, Boyolali. Nggak jauh kok dari pusat kota Boyolali, hanya berjarak sekitar lima menit perjalanan.

Berdasarkan rencana, tempat wisata ini baru akan diresmikan pada 2019 mendatang. Kendati masih tahap pembangunan, sudah banyak pelancong yang berkunjung ke sana.

Dengan luas lahan sekitar 8,9 hektare, Kebun Raya Indrokilo bakal disulap menjadi tempat penyelamatan tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan yang ditanam di sana yakni tumbuhan-tumbuhan yang mulai tercancam keberadaannya akibat degradasi habitat. Mengangkat tema koleksi “Tumbuhan Hutan Hujan Dataran Rendah Jawa Bagian Timur”, Kebun Raya Indrokilo diharapkan dapat menjadi tempat konservasi tumbuhan, serta wahana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat khususnya warga Kabupaten Boyolali.

Kebun Raya Indrokilo. (Wikimapia)

Ada sejumlah spot yang bisa kamu temukan di sana seperti taman tematik tumbuhan paku-pakuan, taman labirin, rumah kaca, taman pojok energi terbarukan, dan tempat pembibitan. Ada juga gerbang pasingsingan yang terinspirasi dari Chiang Kai Shek Memorial Hall di Taiwan, lo. Kalau pengin dapat foto instagenik, kamu juga bisa berpose di jembatan yang disediakan.

Gerbang pasingsingan. (Steemit/tiaphonna)

Tahun depan, Kebun Raya Indrokilo rencananya juga akan dilengkapi dengan bangunan artistik seperti patung Mahesa Jenar dan patung pahlawan dalam cerita pewayangan setinggi 30 meter. Wah, bakal banyak hasil foto yang ciamik nih kalau berfoto di spot itu.

Jalan lintas. (www.boyolali.go.id)

Oh iya,kamu nggakperlu tersesat karena sudah ada pusat informasi turis di sana, Millens. Kamu juga nggak perlu khawatir haus. Di sana, pengunjung bisa menikmati air kran siap minum yang berasal dari olahan air hujan. Dengan semua fasilitas itu, kamu bisa masuk gratis. Wah!

Pengunjung mencoba air kran siap minum. (Galih Prasojo)

"Kebun Raya Indrokilo ini masuknya gratis, tetapi dengan syarat wisatawan hanya boleh jalan kaki atau naik sepeda. Sudah disiapkan tempat parkir. Nanti juga ada Wifi 10 megabyte," jelas Bupati Boyolali Seno Samodro seperti ditulis Kompas.com, Senin (5/3/2018).

Seno juga mengungkapkan, Kebun Raya Indrokilo akan rutin menggelar acara musik dan budaya seperti musik jazz atau pentas wayang seperti di Candi Prambanan atau Dieng. Asyik banget nih! Hayo, siapa mau ke sini? (IB07/E04)