Ke Dieng Saat Cuaca Ekstrem? Simak Dulu 5 Tips Berikut!

Ke Dieng Saat Cuaca Ekstrem? Simak Dulu 5 Tips Berikut!
Embun upas menyelimuti rumput di kawasan Dieng. (Antara Foto/Idhad Zakaria)

Kawasan Dataran Tinggi Dieng sedang memasuki masa dengan cuaca ekstrem. Suhu udara di Dieng dapat mencapai minus 11 derajat celsius saat malam hari. Jika berniat ke sana, kamu membutuhkan beberapa persiapan nih.

Inibaru.id – Fenomena suhu ekstrem yang menyebabkan turunnya salju tipis di kawasan dataran tinggi Dieng masih hangat diperbincangkan. Nggak tanggung-tanggung, suhu udara di sana sempat mencapai minus 11 derajat celsius pada Senin, (24/6/2019). Serasa di Eropa ya?

Eits, meski kelihatannya menyenangkan, kamu tetap harus melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi hawa dingin ekstrem bila pengin ke Dieng. Tips-tips berikut dapat kamu terapkan saat berkunjung ke sana, Millens.

Siapkan Pakaian Hangat

Ilustrasi pakaian hangat untuk musim dingin. (Instagram/Puteri Karunia Hasanah)

Pakailah pakaian berbahan tebal dan bisa melindungi tubuh dari udara dingin. Sweter berbahan wol bisa jadi pilihan tepat untuk kamu gunakan. Oh iya, lebih baik hindari pakaian berbahan jin karena nggak cukup ampuh untuk menahan dingin. Agar lebih lengkap, pakai pula sarung tangan dan syal ya!

Pakai Buff atau Slayer

Buff atau slayer dapat menghangatkan area wajah. (Thinkstock)

Hawa dingin yang menerpa bagian wajah bisa membuatmu flu atau pilek. Nah, sebaiknya kamu membawa buff atau slayer untuk menutupi bagian mulut dan hidungmu, Millens. Oh iya, kamu juga bisa menempelkan plester penghangat atau koyo pada bagian hidung untuk menambah rasa hangat.

Pilih Sepatu yang Tepat

Sepatu model bot cocok digunakan untuk cuaca dingin. (Timberland)

Untuk menghadapi cuaca dingin, pakailah sepatu yang tertutup hingga mata kaki. Sepatu model bot bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu gunakan. Jangan lupa gunakan pula kaus kaki tebal agar kaki tetap hangat, ya!

Banyak Bergerak

Seorang pengunjung dengan latar foto embun upas di Dieng. (Instagram/Sociotraveler)

Jangan hanya berdiam diri di satu tempat saja, Millens! Kamu harus banyak bergerak agar badan nggak kaku. Kamu bisa berjalan-jalan mengitari kawasan Dieng sambil berburu embun upas tuh.

Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Ilustrasi mi ongklok. (Candidiengsnack)

Untuk menjaga badan tetap hangat, kamu bisa mencoba makanan dan minuman hangat yang banyak dijual di sana. Cobalah mi ongklok yang merupakan makanan khas Wonosobo.  Selain itu, minuman hangat seperti bandrek atau ronde juga banyak dijual di sana.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, kamu tentu lebih siap untuk menghadapi cuaca dingin di Dieng. Nah, selamat menikmati Dieng rasa Eropa, ya! (IB10/E04)