Curug Watuploso dan Tempat-Tempat Menarik di Desa Giripurno Magelang

Curug Watuploso dan Tempat-Tempat Menarik di Desa Giripurno Magelang
Curug Watuploso, salah satu destinasi wisata di Desa Giripurno. (Instagram/exploremagelang)

Tiga tempat ini wajib kamu kunjungi kalau ke Desa Giripurno, Magelang. Selain menawarkan keindahan alam yang menawan, tempat-tempat tersebut juga cocok buat kamu yang pengin weekend escape ke Magelang.

Inibaru.id – Sebagai salah satu desa wisata di Magelang, Desa Giripurno memiliki banyak keunikan. Selain menjadi sentra peternakan kambing etawa, desa yang berjarak delapan kilometer dari Candi Borobudur ini juga menjadi tempat penyulingan cengkih.

Meski begitu, bukan berarti Desa Giripurno hanya fokus mengembangkan bidang pertaniannya saja. Desa ini memiliki beberapa wisata alam yang memesona mata, lo.

Puncak Mangkrong

Puncak atau Punthuk Mongkrong bisa menjadi pilihanmu. (Tuguwisata)

Kalau kamu suka pemandangan dari ketinggian, Puncak Mangkrong bakal jadi pilihan yang pas untuk menyegarkan mata. Dari puncak ini, kamu bisa melihat keindahan empat gunung yaitu Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Merapi.

Curug Watuploso

Curug Watuploso. (Instagram/apriansulistio)

Lokasi Curug Watuploso berada di perbukitan Menoreh sebelah barat Candi Borobudur, tepatnya di sebelah bawah Punthuk Mongkrong dan Punthuk Sukmojoyo. Letak air terjun tersebut cukup dekat dengan area parkir dan hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit berjalan kaki.

Curug Pasuruhan

Curug Pasuruhan. (Krjogja/Bagyo H)

Curug ini baru dibuka pada 2016 silam. Kendati nggak seterkenal Curug Watuploso atau Punthuk Mongkrong, curug yang berada di Dusun Parakan itu layak jadi tempat wisata alternatif kalau kamu berkunjung ke Desa Giripurno.

Sudah menyiapkan kameramu untuk mengabadikan setiap sudut ketiga tempat tersebut? Well, boleh-boleh saja berburu foto seharian penuh, tapi tetaplah ingat untuk nggak meninggalkan sampah di sana ya.

Bagaimanapun, kamu tetap harus jadi wisatawan yang bertanggung jawab. Nggak pengin kan objek wisata kita jadi kotor dan kehilangan peminat? (IB15/E03)