Kampung Persahabatan Bukan Kampung Biasa

Kampung Persahabatan di Aceh ini bukan permukiman biasa. Ini kampung yang jadi magnet wisatawan.

Kampung Persahabatan Bukan Kampung Biasa
Gerbang masuk Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok di Aceh. (Viva.co.id/Dani Randi).

Inibaru.id – Sobat Millens, masih ingat Tragedi Tsunami 2004 di Aceh ? Sekarang, di atas bukit Aceh sudah dibangun permukiman agar orang-orang nggak khawatir terhadap tsunami. Gerbang masuknya didominasi warna kuning dengan desain arsitektur ala Tiongkok.

Di gerbang yang menjulang tinggi itu ada tulisan berbunyi "Kampung Persahabatan Indonesia Tiongkok" yang ditulis dalam tiga bahasa berbeda, yakni Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Mengutip Beritagar.id (14/12/2017), bagi warga setempat kampung itu lebih populer disebut Kampung Jackie Chan.

Kenapa? Kabarnya, aktor laga tersohor kelahiran Hong Kong itu telah mensponsori dan menggalang dana untuk pembangunan kawasan tersebut.

Baca juga:
Siap-Siap Piknik ke Hutan Mangrove
Yuk, Lihat Panda di Taman Safari Indonesia!

Sobat Millens tahu, dalam prasasti disebutkan Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok didanai oleh China Charity Federation and Red Cross Society of China. Kemudian untuk pelaksanaan pembangunannya dilakukan langsung oleh kontraktor dari Tiongkok.

Tahukah, permukiman yang itu sudah diresmikan sepuluh tahun silam ini dan dibangun khusus untuk para korban tsunami oleh Pemerintah Tiongkok. Kampung yang terletak di Desa Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar berada di atas ketinggian sekitar 300 meter dari permukaan laut dan berjarak 1,5 kilometer dari pantai. Warga yang bermukim di situ merasa aman dari tsunami.

Di kampung itu, kamu bisa menikmati angin malam di atas ketinggian dan dapat melihat pesawat saat hendak mendarat. Seolah-olah pesawat itu terbang sangat dekat dengan kamu. Wow!

Baca juga:
Yuk ke Rumah Hobbit di Antara Rimbunan Pinus di Bantul
Menikmati Kolam Renang Raksasa di Desa Tertua

Kalau ingin melihat lanskap Kota Banda Aceh, berkunjung ke Kampung Jackie Chan jadi pilihan yang tepat. Meskipun harus menempuh jarak sekitar 40 menit perjalanan dari Kota Banda Aceh, sesampainya di sana kamu nggak bakal kecewa. Sembari menyeduh secangkir kopi panas kamu bisa menikmati pemandangan seluruh Kota Banda Aceh yang indah dari atas bukit.

Buat Sobat Millens yang ingin sejenak melupakan segala persoalan, pemandangan ini dapat memberikan sensasi yang membuat mata dan pikiran rileks. Uh, jadi ingin jalan-jalan ke sana.... (LAM/SA)