Kampung Kurcaci Purbalingga, Wisata Unik di Balik Lereng Gunung Slamet

Kampung Kurcaci Purbalingga, Wisata Unik di Balik Lereng Gunung Slamet
Kampung Kurcaci Purbalingga. (Instagram/@chotz_kittyliciouzz)

Ada rumah mini warna-warni berada di tengah hutan damar yang rindang. Itu bukan gambaran latar sebuah dongeng, tapi nyata ada di Kampung Kurcaci, Purbalingga.

Inibaru.id - Kurcaci di banyak kisah diceritakan tinggal di rumah-rumah kecil di antara perbukitan yang asri. Mereka tinggal di tempat yang meyuguhkan pemandangan alam hijau dan sejuk. Seandainya kurcaci benar-benar tinggal di bumi kita ini, kepengin sekali-sekali datang ke sana nggak sih, Millens?

Kehidupan makhluk mini dari Mitologi Nordik itu memang fiksi belaka, ya. Tapi untuk memenuhi keinginan para penggemar kurcaci, beberapa kota di Indonesia mempunyai tempat wisata berupa rumah kurcaci, lo.

Blitar, Karanganyar, Bandung, Malang, dan Purbalingga adalah contoh kota yang menjadikan rumah kurcaci sebagai salah satu magnet untuk menarik para wisatawan. Kali ini kita bakal membahas eksotisnya Kampung Kurcaci Serang, Purbalingga. Ada apa saja di sana?

Rumah mini di Kampung Kurcaci Purbalingga. (Instagram/lestariaris7)

Di Kampung Kurcaci yang berlokasi di Dusun Brobohan, Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga ini, mata dan pikiran kamu bakal merasa adem. Pasalnya, selain merasakan langsung udara sejuk lereng Gunung Slamet, kamu juga bakal melihat unik dan lucunya rumah-rumah kerdil ala rumah kurcaci. Di sana juga ada rumah pohon yang biasanya digunakan pengunjung untuk duduk-duduk cantik.

Kalau datang ke sana, kamu nggak cuma bisa melihat rumah kurcaci, kok. Sesampai di Kampung Kurcaci, sebaiknya kamu menyempatkan diri bersantai di Curug Lawang. Itu adalah air terjun dengan ketinggian sekitar 35 meter yang ada di area Kampung Kurcaci. Dari Curug Lawang, cobalah menjelajah hutan damar berusia ratusan tahun yang memesona.

Menjelajah hutan damar di sekitar Kampung Kurcaci Purbalingga. (Instagram/@endonugroho)

Oya, di sana, memungkinkan banget jika kamu pengin berkemah karena ada lokasi perkemahan yang cukup luas. Caranya, cukup bawa sendiri tenda dari rumah ya, Millens! Siapa tahu, pas kamu kemah bebarengan dengan jadwal kemah anak-anak sekolah. Kan, seru!

Berkemah di Kampung Kurcaci Purbalingga. (Instagram/@instapurbalingga)

Untuk masuk ke kawasan Kampung Kurcaci Purbalingga kamu cukup mengeluarkan uang Rp 5.000. Cukup murah jika kamu bisa memaksimalkan liburan di sana. Jadi, tunggu apa lagi. Ajak teman dan ponakan kamu untuk eksis di Kampung Kurcaci Purbalingga, yuk! (IB20/E05)