Kampung Batik Pesindon, Ruh Batik Pekalongan Ada di Sana

Kampung Batik Pesindon, Ruh Batik Pekalongan Ada di Sana

Berada di tengah kota, kampung batik ini bisa menjadi acuan bagi siapapun yang pengin mencari batik khas Pekalongan.

Inibaru.id – Ikon Kabupaten dan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sebagai penghasil kain bermotif batik memang bakal sulit dienyahkan. Kendati Jawa Tengah memiliki Solo dan Semarang yang juga memproduksi batik, magnet Pekalongan sebagai Kota Batik sepertinya nggak bakal hilang.

Salah satu ruh yang membuat batik di Pekalongan tetap berjaya mungkin ada di Kampung Batik Pesindon. Kampung ini berada di Jalan Hayam Wuruk, Kota Pekalongan. Hm, tertarik menyambangi tempat ini dong pastinya?

Berkunjung ke Kampung Batik Pesindon, kamu bakal disambut oleh mural-mural batik yang ada lorong dan gang-gang. Cantik banget!

Tak kurang dari 33 gerai batik memenuhi Kampung Batik Pesindon. Nggak hanya menjual batik, di tempat-tempat itu pengunjung bisa melihat produksi batik secara langsung, lo, termasuk pembuatan batik tulis.

Jangan khawatir, di sana ada pusat informasi yang siap membantu kamu sebelum menjelajahi kampung batik ini.

Yang menarik, Kampung Batik Pesindon juga sempat menguatkan ikon mereka dengan membentuk “Kampung Batik Warna Alam”.

Seperti namanya, para pengrajin di sana memang pengin mengedepankan pembuatan batik dengan menggunakan warna alam, alih-alih pewarna sintetis. “Kampanye” itu mungkin telah berlangsung sejak sekitar 2017 silam.

Nah, kalau kamu pengin mencari batik dengan pewarnaan alam, berkunjung ke Kampung Batik Pesindon mungkin bisa menjadi pilihan tepat. Di sana banyak spot instagenik juga, lo! (IB20/E03)