Satu Lokawisata dengan Beragam Objek Wisata, ya ke Gua Pancur Saja!

Satu Lokawisata dengan Beragam Objek Wisata, ya ke Gua Pancur Saja!
Gerbang masuk lokawisata Gua Pancur (Inibaru.id/Sitha Afril)

Tak hanya berswafoto di mulut gua atau menyusuri perutnya yang dipenuhi stalaktit dan stalagmit, kamu juga bisa menikmati pelbagai wahana lain di Gua Pancur Pati. Apa saja?

Inibaru.id – Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mungkin bukanlah kota besar di Jawa Tengah. Namun, dengan topografi yang beragam, potensi wisata di kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani tak bisa dipandang sebelah mata.

Keberadaan Pegunungan Kendeng yang cukup asri telah lama menjadi primadona destinasi wisata di Pati. Gua Pancur, misalnya, sudah sejak lama dikenal masyarakat setempat sebagai objek wisata alam unggulan. Dengan daya tarik utama susur gua, tempat itu sayang untuk dilewatkan saat kamu berada di Pati.

Selain susur gua, lokawisata ini juga bisa kamu gunakan untuk camping, hiking, hingga menjelajah lereng dengan motor cross. Sudah? Tentu saja belum! Di sana, kamu juga bisa mengarungi danau buatan dengan perahu bebek, yang paling indah dinikmati pada sore hari. Hm, nonton sunset di atas perahu!

Wahana Perahu Bebek di Objek Wisata Gua Pancur. (Inibaru.id/Sitha Afril)

Akses menuju Gua Pancur tidaklah sulit. Kendati agak sempit, hampir seluruh jalan menuju ke sana sudah teraspal mulus. Yeah, kalau naik mobil, kamu cuma kudu bersabar kalau berpapasan dengan kendaraan lain.

Gua Pancur berada di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen. Lokasinya tepat berada di kaki Pegunungan Kapur Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Grobogan.

Patokannya, begitu kamu menjumpai SMA N 1 Kayen, gerbang masuk menuju Gua Pancur berada di seberangnya. Setelah itu kamu tinggal mengikuti petunjuk yang ada.

Gapura Utama menuju desa Jimbaran, kecamatan Kayen. (lihat.co.id)

Untuk masuk ke Gua Pancur, kamu hanya bakal dikenai biaya parkir sebesar Rp 6.000 untuk mobil atau Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Spot Swafoto

Seakan nggak pengin dikalahkan zaman, Gua Pancur yang telah menjadi lokawisata andalan daerah sejak 1995 itu terus dibenahi. Nggak hanya mengandalkan wisata petualangan atau keindahan alam, berkunjung ke sini kamu pun bisa menemukan pelbagai spot untuk selfie.

Satu spot swafoto yang pantang kamu lewatkan adalah ikon unik berupa batu melayang. Terus, kamu juga bisa berfoto di mulut gua, atau di dekat tulisan "Gua Pancur" yang dicat warna-warni.

Spot Foto Batu Melayang di Gua Pancur (Inibaru.id/Sitha Afril)

Puas menghabiskan memori ponsel atau kamera dengan foto-foto menawan, kamu bisa bersantai sejenak di pinggiran. Pengelola Gua Pancur juga telah menyediakan sejumlah fasilias penunjang seperti musala dan toilet.

Oya, hampir lupa, kamu juga nggak perlu bingung kalau mau menempatkan kendaraan. Area parkir di sana cukup luas

Lokasi favorit pengunjung untuk berfoto ria. (Inibaru.id/Sitha Afril)

Selain fasilitas yang lumauyan, kamu juga nggak perlu takut kelaparan saat menyambangi tempat ini, karena ada banyak pedagang makanan di sana, mulai makanan camilan hingga makan berat.

Kamu yang pengin ngasih oleh-oleh buat tetangga atau orang di rumah juga bisa membeli sejumlah suvenir di sana. Dari gantungan kunci hingga kaus bergambar Gua Pancur tersedia. Harganya lumayan bersahabat, itupun masih  bisa ditawar! Ha-ha.

Jangan lupa mampir ke Gua Pancur kalau berkunjung ke Pati ya, Millens! (Sitha Afril/E03)