Jangan Bikin Malu, Ini 'Suvenir' Hotel yang Boleh Dibawa Pulang!

Jangan Bikin Malu, Ini 'Suvenir' Hotel yang Boleh Dibawa Pulang!
Suasana kamar di Hotel Kontainer Rejomulyo. (Inibaru.id/ Kharisma Ghana Tawakal)

Biar nggak bikin malu saat check-out, cari tahu yuk 'suvenir' hotel apa saja yang boleh dibawa pulang dan yang dilarang.

Inibaru.id – Momen menginap di hotel biasanya sangat berkesan, terlebih jika pelayanan dan fasilitas hotel memadai. Nggak hanya membawa pulang kenangan, terkadang kita juga pengin menjemba satu atau dua barang sebagai "suvenir". Eits, tapi nggak semua barang hotel boleh dibawa pulang, lo!

Seperti kamu tahu, hotel memang biasanya menyediakan sejumlah fasilitas seperti perangkat mandi, minuman, dan terkadang camilan. Barang-barang itu memang diperuntukkan bagi tamu yang menginap. Namun, bukan berarti semua barang itu bisa seenaknya kamu bawa pulang pas check-out.

Belum lama ini saya berkunjung ke sebuah hotel unik di Kota Semarang dengan bangunan bergaya industrial minimalis yang sebagian besar terbuat dari kontainer bekas. Hotel Kontainer Rejomulyo namanya.

Laiknya kebanyakan hotel, penginapan ini juga menyediakan sejumlah fasilitas, misalnya peralatan mandi dan ngopi. Pemilik Hotel Rejomulyo Susanto B mengatakan, pihaknya juga menyediakan barang-barang yang bisa dipakai dengan cuma-cuma di penginapan yang berada di Semarang Timur tersebut.

"Sebagian barang boleh dibawa pulang, kok. Misalkan air mineral, kopi, teh, dan gula," ujar Susanto. "Lalu, alat mandi juga boleh (dibawa pulang), seperti sabun, sikat, odol, dan sampo.”

Yang Nggak Boleh Dibawa Pulang

Paket 'suvenir' berisi peralatan mandi. Sabun, parfum, sikat, dan pasta gigi menjadi benda yang boleh dibawa pulang, tapi handuk sebaiknya jangan. (Inibaru.id/ Kharisma Ghana Tawakal)
Paket 'suvenir' berisi peralatan mandi. Sabun, parfum, sikat, dan pasta gigi menjadi benda yang boleh dibawa pulang, tapi handuk sebaiknya jangan. (Inibaru.id/ Kharisma Ghana Tawakal)

Aturan boleh atau tidaknya barang-barang di hotel untuk dibawa pulang memang nggak tertera dengan gamblang. Menurut Susanto, sah-sah saja membawa suvenir dari hotel, khususnya barang-barang "kecil" yang sedari awal memang disediakan untuk tamu.

"Barang seperti peralatan mandi boleh dibawa pulang karena itu termasuk fasilitas yang sudah dibayar tamu," ujarnya. "Tapi, ada juga yang nggak boleh (dibawa pulang)."

Menurut lelaki yang saat ini tercatat sebagai direktur pada sebuah perusahaan konstruksi di Semarang itu, barang-barang yang nggak boleh dibawa pulang adalah yang bukan sekali pakai. Artinya, barang itu nggak bakal habis masa pakainya dalam waktu dekat.

"Barang yang paling sering terbawa tamu pulang biasanya adalah handuk. Oya, pernah ada remote AC yang rusak atau terbawa tamu juga. Haduh!” ucap Susanto, lalu tertawa ringan. "(Untuk antisipasi) kami bakal mengecek dan melakukan stok ulang semua barang fasilitas kamar setelah tamu checkout."

Seperti kata Susanto, barang hotel yang sebaiknya nggak kamu bawa pulang adalah fasilitas yang nggak habis sekali pakai. Selain handuk, barang yang kerap jadi sasaran adalah bantal dan sarungnya serta sprei dan selimut. Kadang, ada juga yang membawa pulang cangkir, teko, mug, sendok, serta barang elektronik kayak hairdryer, coffee maker, dan bolam lampu.

Kalau Ragu, Bertanyalah!

Air mineral yang disediakan gratis oleh hotel. (Inibaru.id/ Kharisma Ghana Tawakal)
Air mineral yang disediakan gratis oleh hotel. (Inibaru.id/ Kharisma Ghana Tawakal)

Fenomena membawa pulang suvenir hotel agaknya terjadi di hampir semua hotel. Sekilas kelakuan itu tampak menggelikan, tapi sejatinya bisa sangat merugikan kalau yang diambil terlampau berlebihan semisal peralatan elektronik.

Beberapa tamu kadang secara sengaja melakukan "penggelapan" barang-barang tersebut. Namun, ada kalanya mereka mengambil barang itu karena nggak mengetahuinya. So, sekadar saran, kalau kamu merasa ragu-ragu untuk membawa pulang sebuah barang di hotel, jangan malu untuk bertanya, ya!

Laiknya tamu yang berkunjung dan menginap di tempat orang, bersikaplah sopan dan junjunglah etika. Jangan mentang-mentang sudah membayar uang sewa, kamu bisa berlaku seenaknya. Sebaiknya, kamu nggak perlu mengemban risiko terlalu besar dengan mengambil barang-barang itu. 

Kalau ketahuan, kamu tentu merasa malu. Selesai? Enggak! Kamu juga bisa kena denda atau tambahan biaya kerugian. Terus, yakinlah bahwa pihak hotel berhak menuduhmu melakukan tindakan pencurian atas tindakan isengmu itu. Ehm, nggak pengin pindah menginap ke "hotel prodeo", kan? Ha-ha. 

Selamat berakhir pekan dan mencari hotel idaman ya, Millens! (Kharisma Ghana Tawakal/E03)