Jangan Asal Pakai, Sepatu Gunung Mesti Disesuaikan dengan Medan Pendakian
Cara memilih sepatu gunung sesuai dengan medan pendakian (Unsplash/David Marcu)

Jangan Asal Pakai, Sepatu Gunung Mesti Disesuaikan dengan Medan Pendakian

Sepatu gunung terdiri atas beragam jenis model dan kegunaan. Kalau kamu mau mendaki, susaikan sepatu gunung yang kamu pakai dengan medan pendakian yang bakal kamu lewati. Berikut tips memilihnya.

Inibaru.id – Bila kamu pengin mendaki gunung, alas kaki yang tepat untuk dikenakan adalah sepatu gunung. Namun, nggak semua sepatu gunung cocok dipakai di semua medan pendakian.

Sepatu gunung nggak hanya tersedia dalam satu model. Ada banyak model yang tentunya memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis sepatu gunung dengan medan pendakian masing-masing.

Trail Running Shoes

Hasil gambar untuk trail running shoes

Contoh pemakaian trail running shoes. (Rei)

Sepatu gunung ini berbeda seperti sepatu lari lainnya ya. Sepatu lari jenis ini dibuat khusus untuk melewati jalur-lajur pegunungan. Selain itu, sepatu ini sangat pas dipakai saat mendaki gunung dengan jalur trekking pendek dan tidak terlalu tinggi.

Sepatu jenis ini juga cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Kenyamanan sepatu ini memudahkan kaki menjangkau jalur pendakian. Kualitas jenis sepatu ini memiliki sol sepatu yang kuat dan keras untuk melindungi kaki dari situasi dan kondisi jalur yang buruk.

Hiking Shoes

Gambar terkait

Contoh penggunaan hiking shoes. (Vikingfootwear)

Hiking shoes biasanya terbuat dari suede, kulit, atau nilon. Sepatu ini memiliki kerangka yang dapat melindungi engkel kaki. Dengan bentuk itu, hiking shoes pas dipakai untuk medan pendakian yang nggak terlalu terjal dan landai. Gunung Prau dan Gunung Papandayan adalah contoh medan pendakian yang nggak terlalu terjal dan landai.

Mid-Weight Boot

Gambar terkait

Sepatu midweight boot. (Imgarit)

Bagi sobat Millens yang hendak mendaki selama berhari-hari, sepatu jenis ini pas untuk dipakai. Namun, kamu mesti bersiap karena bantalan dan sol sepatu yang akan terasa kurang nyaman. Mid- Weight Boot ini diciptakan dengan model yang pas untuk jalur pendakian yang terja dan medan yang cukup berat.

Heavy Boot

Hasil gambar untuk heavy hiking boot

Sepatu heavy boot. (Switchback travel)

Sepatu berjenis heavy boot biasanya berbahan gore-tex tahan air dan nggak mudah lembab. Heavy Boot sangat cocok digunakan mendaki jalur gunung pada medan yang berat dan pendakian jalur panjang. 

Ingat, sepatu gunung yang nyaman adalah sepatu gunung yang pas dengan kontur kaki dan medan pendakian yang akan dilewati. So, pilihlah sepatu gunung yang sesuai dua indikator itu ya, Millens. (IB21/E04)